logoblog

Cari

Persiapan Persemaian Bibit Tembakau Petani Sakra Barat

Persiapan Persemaian Bibit Tembakau Petani Sakra Barat

KM Rensing Bat_Para petani di Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur, mulai membuat persemaian benih tembakau menjelang masa tanam tembakau tahun

Rupa-Rupa

KM_Rensingbat
Oleh KM_Rensingbat
26 April, 2019 13:05:33
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 2601 Kali

KM Rensing Bat_Para petani di Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur, mulai membuat persemaian benih tembakau menjelang masa tanam tembakau tahun 2019.

Salah seorang anggota Kelompok Tani di Desa Rensing Bat, Yasin, Pada hari Kamis, 25/4/2019 mengatakan, sejak akhir awal April 2019 para petani mulai membuat persemaian bibit tembakau yang nanti akan ditanam pada awal Juni 2019.

Menurutnya, para petani di wilayah kecamatan sakra barat sudah mulai menyemai benih tembakau Virginia, yakni varietas yang di inginkan gudang / pabrik rokok, namun tidak sedikit petani yang masih menanam varietes lokal.


Ia lebih lanjut menuturkan, petani di kawasan Sakra Barat terutama di wilayah desa Rensing Bat akan menanam tembakau lebih awal dibanding petani di daerah lain, karena masalah air di sebagaian besar wilayah desa Rensing Bat lebih mudah di dapat di bandingkan di luar, karena aliran air dari Dam Pandan Duri ke kawasan desa rensing bat bisa dikatakan sangat mudah di dapat.

Ia berharap cuaca tahun ini mudah-mudahan baik untuk tanaman tembakau sehingga bisa menghasilkan tembakau dengan kualitas baik dengan harga tinggi, karena tahun lalu hasil tembakau lumayan tinggi di karenakan cuaca yang baik, Harapnya.

Ia menuturkan lagi, tahun 2018, harga tembakau tertinggi di wilayah Sakra Barat terutama di desa rensing bat mencapai 4 jutaan perkuintal di daun pemanenan ke tiga dan mudah-mudahan di tahun 2019 ini harga akan semakin meningkat, harapnya.

“Petani akan selalu semangat bila musim tanam tembakau tiba, karena tanaman tembakau merupakan komoditas yang bisa hidup saat kemarau di daerah ini dan secara ekonomis cukup menjanjikan dengan harga tinggi di saat petani sangat membutuhkan”.

Sebelumnya, guna membantu petani mendapatkan benih tembakau yang di inginkan perusahaan rokok, Dinas Perkebunan Kabupaten Lombok Timur, membagikan benih tembakau kepada para petani secara gratis yang sebelumnya melalui proses pengusulan proposal oleh pengurus kelompok tani.

Selama ini sebagian petani memiliki benih sendiri untuk ditanam di lahannya. Guna menjaga kualitas tembakau asli yakni varietas yang di sediakan gudang perusahaan tembakau, Dinas Perkebunan Lombok Timur melakukan pemurnian benih, dengan dimurnikannya benih maka diharapkan keaslian tembakau Lombok bisa dipertahankan.

 

Baca Juga :




 
KM_Rensingbat

KM_Rensingbat

Hidup sederhana itulah bahagia. A@angzie, 087763052575, 087758488407 (penulis) Desa Rensing Bat Sakra Barat-Lotim

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan