logoblog

Cari

Kompetensi Petani Kopi Dalam Satu Kelompok

Kompetensi Petani Kopi Dalam Satu Kelompok

KM. Sajang Bawak Nao_Kelompok tani Bersama Pembimbing Utusan dari PKPU HUMAN INITIATIVE sebagai pelatih sekaligus pembimbing Petani dalam meningkatkan hasil

Rupa-Rupa

KM. Sajang Bawak Nao
Oleh KM. Sajang Bawak Nao
05 April, 2019 13:36:20
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 2261 Kali

KM. Sajang Bawak Nao_Kelompok tani Bersama Pembimbing Utusan dari PKPU HUMAN INITIATIVE sebagai pelatih sekaligus pembimbing Petani dalam meningkatkan hasil pertanian dan produksi Kopi dalam kemasan kopi tujak, Pak Agus Pramudia mengajak para petani kopi yang tergabung dalam klompok tani Bumi Lestari Desa Sajang untuk melakukan minumkopi bersama (Coffing Bareng) guna menguji dan merasakan kopi petani atau kopi mereka sendiri yang dimana kopi tersebut disangrai menggunakan mesin oleh pak Agus Pramudia.

Dalam percobaan kopi sajang pak Agus Pramudia selaku pembimbing menanyakan rasa apa yang terdapat dalam kopi sajang tersebut, apakah para petani sudah menemukan citarasa yang terkandung dalam kopi tersebut ataukah belum.

Tak banyak diantara petani yang tergolong dalam kelompok mengetahui dan mengenal citarasa kopi yang mereka tanam sendiri. Untuk itu kehadiran para pembimbing inilah yang diharapkan bisa memberikan pemahaman dan pembimbingan tentang bagaimana mengolah dan merasakan keenakan kopi sajang tersebut.
Dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas kopi dan petani kopi perlu ada kompetisi dalam kelompok tani Bumi Lestari ujar Pak Ismoyo, dalam sebuah kelompok memang perlu adanya kompetisi ini guna memberikan sertifikat pada kopi agarkita tau petani mana yang paling berkualitas hasil kopinya ujar pak Agus Pramudia menyambung. Kompetisi di dalam klompok tani dipandang perlu guna mengetahui tingkat kemampuan para petani kopi dan meningkatkan kualitas kopi di Desa Sajang Kecamatan Sembalun.

Sebenarnya kopi sajang ini sudah memiliki citarasa yang melekat pada kopi tersebut baik itu dari varitas Arabika Maupun Robusta. Rasa yang sudah ada melekat ini yang perlu ditingkatkan lagi supaya kopi sajang memiliki kosisten yang tinggi dan terus dijaga kualitasnya. Karena diketahui bersama bahwa kopi merupakan bahan minuman yang rentan sekali dengan lingkungan sekitarnya dan bahkan benda atau tanaman yang berada disekitarnya dapat mempengaruhi kualitas rasa kopi tersebut.

 

Baca Juga :


Kegiatan kaping bareng yang diselenggarakan di Kampung Arang Jongkong desa Sajang pada kelompok tani Bumi Lestari ini dalam acara coffing bareng kelompok tani ini banyak sekali mendapatkan ilmu.
Untuk itu harapak kelompok tani Bumi Lestari adalah mengadakan pelatihan pelatihan lebih lanjut.

#kopitujak #kopiLombok



 
KM. Sajang Bawak Nao

KM. Sajang Bawak Nao

Nama: Hajrul Azmi TTL : Bawak Nao, 12 Desember 1991 Alamat: Bawak Nao Desa Sajang Kecamatan Sembalun Pekerjaan : Swasta Tempat Kerja: SMK NW Kokok Putik No HP. 087763391798

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan