logoblog

Cari

Manfaatkan Handphone Dukung Pasar Kampung Online

Manfaatkan Handphone Dukung Pasar Kampung Online

Handphone sudah menjadi kebutuhan utama bagi semua orang. Alat komunikasi yang terus berevoluasi menjadi hanphone pintar ini mempunyai banyak manfaat bagi

Rupa-Rupa

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
27 Maret, 2019 22:52:48
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 3740 Kali

Handphone sudah menjadi kebutuhan utama bagi semua orang. Alat komunikasi yang terus berevoluasi menjadi hanphone pintar ini mempunyai banyak manfaat bagi penggunanya.

Hal ini disampaikan Kadis Kominfo Kabupaten Sumbawa Barat Drs. Burhanuddin, MM saat membuka acara peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) se Kabupaten Sumbawa Barat.

Menurut Burhanuddin, handphone sudah semakin canggih. Awalnya dulu hanya dipergunakan untuk berkomunikasi 2 arah atau sekedar mengirim pesan. 

Namun di era digital ini, hanphone berubah fungsi menjadi alat canggih yang pintar. " Dunia seakan digenggaman kita sekarang ini," kata Burhanuddin.

Bahkan saat ini, semua orang memiliki handphone lebih dari satu. "Hp dipergunakan untuk berinternet dan hp yang dipergunakan untuk berinternet," ungkap Kadis.

Maraknya Handphone pintar atau HP android ini menjadikan informasi itu berkembang dan cepat diakses oleh masyarakat umum.

Kecanggihan IT pada HP harus mampu dimanfaatkan bukan hanya untuk mendapatkan informasi dan bermedia sosial. Tetapi memanfaatkan sebagai peluang usaha atau berbisnis.

Sosialisasi dan perkenalan pasar kampung ini harus disambut baik oleh KIM, kemudian mengajak masyarakat memanfaatkan media sosial untuk berjualan online.

"Kita harus belajar menjadi  produsen, jangan jadi konsumen terus, maka manfaatkan internet untuk membuka peluang usaha peningkatan ekonomi," pesan Kadis Burhanuddin.

Dinas Kominfo KSB sudah memperkuat jaringan internet dengan fiber optik. Beberapa titik di KSB dapat mengakses
Wifi gratis. "Termasuk untuk akses bisnis online untuk meningkatkan ekonomi masyarakat," jelas Burhanuddin saat pelatihan Pasar Kampung Online, Rabu (27/3) di Aula kantor kantor setempat.

Kepala Seksi (Kasi) Publikasi Bidang IKP Diskominfotik NTB Ida Ayu Kartini Tiyasa, menyampaikan hal senada, bahwa manfaatkan handphone untuk hal yang berguna dengan mengakses medsos untk hal yang bernilai ekonomi.

 

Baca Juga :


"Hari ini media sosial sudah menjadi sarana berkomunikasi di dunia maya, maka manfaatkan untuk berbisnis online yang punya nilai," kata Dayu.

Pasar kampung online sedang terus dikembamgkang. Membangun sistem itu jangan instan. Kita perkenalkan dan sosialisasikan pasar online atau starup ini.

"Membangun sistem itu butuh waktu, tidak instan, butuh perencanaan dan sosialusasi, karena kalau instan maka akan cepat ditinggalkan," jelas Kasi Publiasi ini.

Kedepan anak kampung media dapat memanfaatkan pasar kampung online sebagai media untuk berjualan potensi daerahnya.

Kampung media sudah berkiprah 10 tahun. Kini kampung media sudah mandiri. Karena Impecnya, anak kampung media sudah ada yang  jadi kades, DPRD, pemuda pelopor, dosen dan pengusaha.

Harapanya, impec dari keberhasilan anak kampung media, mampu mendorong peningkatan ekonomi kreatif dan memanfaatkan pasar kampung online menjual produknya. Sehingga melahirkan pengusaha muda dari anggota KIM juga.

Sosma Risandi, ST Stokis Prodak Nasa NTB yang sudah bergelut dengan jual beli online selama dua tahun,  mengaku memulai bisnis online rata-rata semua orang bingung haru mulai dari mana.

"Jangan bingung, lihat potensi diri dan ligkungan sekitar anda, kemudian jangan menunda untk memulai, harus berani untuk memulainya," jelas Sosma Risandi.

Modal juga menjadi kendala bagi semua orang. Padahal menurut pria asal Jereweh, "Saya awal tidak memiliki modal besar, modal yang ada saya coba untuk memulai dengan nilai yang ada, saya berhasil," ungkapnya.

Di zaman ini, fasilitas untuk berbisnis online semakin mudah. Gunakan Hanphone untuk mempromosikan produk atau barang jualan.

"Kalau difasilitasi oleh pemerintah lewat Diskominfotik NTB, tambah bagus, dengan pelatihan dan mentor akan memotifasi dan membimbing kita untuk berjualan lewat pasar kampung onlie," ujar Sosma Risandi. (Edy-Tim Media)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan