logoblog

Cari

Manfaatkan TIK Media Publikasi Usaha dan Informasi

Manfaatkan TIK Media Publikasi Usaha dan Informasi

Keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) berperan membantu masyarakat dan pemerintah dalam menyampaikan informasi.  Hal ini diingatkan oleh Kepala Bidang IKP

Rupa-Rupa

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
26 Maret, 2019 05:42:29
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 1428 Kali

Keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) berperan membantu masyarakat dan pemerintah dalam menyampaikan informasi. 

Hal ini diingatkan oleh Kepala Bidang IKP Dinas Kominfotik NTB Fairuz Abadi, saat Pertemuan dan Koordinasi dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kota Bima.

"KIM itu merupakan kelompok masyarakat atau komunitas masyarakat seperti karang taruna,kelompok pengajian atau komunitas seni budaya yang ada di desa atau kelurahan," jalas Fairuz.

Menurut Fairuz, ada 2 model penyampaian informasi, penyampaikan secara online dan secara offline. Yang paling utama, informasi tersebar atau sampai.

Di era digital , KIM harus memanfaatkan peluang ini sebagai potensi dalam meningkatkan ekononi. "Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) sebagai peluang ekonomi sehingga kita gagas pasar kampung online," ajak Kabid IKP.

KIM harus memanfaatkan Pasar kampung online  untuk kembangkan untuk usaha. "Pada kegiatan ini kami hadiri pembicara asal Mataram, Nasri H. Muhtar pengusaha produk kelor yang memanfaatkan TIK sebagai sarana jual," jelas Fairuz, Senin (25/3), di gedung PKK Kabupaten Bima.

Sebelumnya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Bima Ir. Supawarman, membuka secara resmi kegiatan Pertemuan KIM untuk meningkatkan SDM KIM dalam memanfaatkan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) sebagai peluang ekonomi bertajuk pasar kampung online.

Supawarman mengajak KIM mewujudkan Kota Bima sebagai Kota Digital. Sehingga keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kota Bima perlu terus di tingkatkan.

 

Baca Juga :


KIM menjadi media publikasi untuk masyarakat. Termasuk dalam peningkatan Unit Kegiatan Masyarakat (UKM) dalam memanfaatkan peluang ekonomi.

"Sampaikan dan publikasikan informasi yang ada di pemerintah maupun masyarakat," ajak Supawarman.

Narasumber pengusaha produk kelor asal Mataram Nasrin H. Muhtar, kita harus mampu melihat potensi kearifan lokal untuk dikembangkan sebagai peluang ekonomi.

"Banyak hasil alam disekitar kita yang dapat dikembangkan untuk diproses yang bernilai ekonomi, salahsatunya pohon kelor. Mulai dari akar sampai daunnya dapat dimanfaatkan," ungkap Nasrin.

Yang paling penting memulai usaha harus dengan semangat dan niat. Pintar melihat peluang usaha dan pasarannya.

"Manfaatkan TIK di erah teknologi informasi sebagai media publikasi, seperti website, facebook, instagram, youtube untuk menginformasikan hasil usaha kita," pesan pria asal Dompu ini.

Produksi teh kelor, bubuk kelor yang berlabel moringa teh terkenal akibat promosi lewat media online. "Produksi teh moringa kidom yang saya hasilkan sampai di ekpor hingga Korea, ini manfaat pasar online ini," tutup Nasrin. (Edy-Tim Media)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan