logoblog

Cari

Ragam Kreasi Tenun NTB Melenggang di IE

Ragam Kreasi Tenun NTB Melenggang di IE

Beragam kreasi tenun khas dari seluruh wilayah NTB melenggang dalam kegiatan mingguan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi NTB  bertajuk

Rupa-Rupa

Lulu walmarjan
Oleh Lulu walmarjan
17 Maret, 2019 14:17:18
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 5440 Kali

Beragam kreasi tenun khas dari seluruh wilayah NTB melenggang dalam kegiatan mingguan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi NTB  bertajuk Inspiratif Expo, Ahad ( 17/03).

Kreasi tenun dengan berbagai motif ini disajikan begitu apik ala fashion show jalanan (street fashion). Tidak hanya di tampilkan oleh para model yang biasa berlenggak lenggok diatas catwalk. Tapi, para ibu- ibu juga tanpa rasa canggung ikut menampilkan berbagai kreasi tenun khas dari para desainer ternama NTB. 

Maya Damayanti salah seorang desainer dari rumah Namia ini menuturkan, kreasi tenun yang dipamerkan tersebut merupakan hasil kreasi sendiri bersama tiga desainer lainnya seperti Linda Hamidy dan Ferry Kuncoro. 

"Kreasi tenun yang kita buat benar-benar agar bisa digunakan oleh berbagai kalangan,"ujarnya. 

Maya juga menerangkan, sebagai anggota Dekranasda NTB pihaknya ingin mengangkat kain tenun NTB agar bisa lebih berkembang dan bisa digunakan ready to wear atau dalam segala kondisi, tanpa mengurangi cerita dan ciri khas dari tenun itu sendiri. 

"Yang kita inginkan adalah bisa mengangkat kembali tenun NTB sehingga lebih berkembang. tapi tidak mengurangi cerita dari tenun itu sendiri. Kan masing- masing daerah pasti punya cerita tersendiri. Dan masyarakat harus tau bahwa kain tenun NTB itu bagus dan indah bahkan sudah terkenal hingga ke Nasional," ungkapnya.

Bahan tenun yang digunakan berasal dari berbagai daerah di NTB seperti Lombok Utara, Lombok timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat. Kain tenun tersebut kemudian dikombinasikan dengan bahan jeans lynon dan berbagai bahan lainnya, sehingga menghasilkan model yang sesuai dan bisa digunakan oleh berbagai kalangan terutama anak muda.

"Dulu kain tenun identik digunakan ibu-ibu dengan model yang monoton. Kini kita kombinasikan menjadi berbagai model sehingga cocok untuk semua kalangan terutama anak muda,"terangnya.

Untuk proses pembuatan kain tenun menjadi berbagai kreasi busana membutuhkan waktu maksimal 1 minggu. Harga jual pun cukup terjangkau dengan tetap menjaga kualitas.

 

Baca Juga :


"Kita siasati bagaimana agar harga jualnya tidak terlalu tinggi sehingga bisa dijangkau semua kalangan," tuturnya lagi.

Maya berharap kedepannya, semua orang bisa menghargai keberadaan produk lokal khas NTB terutama kain tenun. Karena kain tenun bisa dikreasikan menjadi berbagai busana dengan model yang cantik diluar kebiasaan pada umumnya. 

"Saya harap semua masyarakat bisa menghargai produk lokal dan kreasi anak NTB,"tutupnya.

Harga jual untuk satu kreasi kain tenun berkisar Rp.250 ribu hingga jutaan rupiah. Tergantung model dan motif kain tenun yang diinginkan. Sedangkan untuk peminat sendiri hingga saat ini pemasaran secara luas telah dilakukan hingga keluar daerah khususnya di Ibukota Jakarta.

IE kali ini dihadiri Dekranasda NTB sebagai pengisi acara yang memperkenalkan berbagai produk lokal daerah NTB. Dimeriahkan juga perkusi dari SMAN 3 Mataram, taekwondo dari Dojang Wolf yang beranggotakan 25 orang dan berbagai doorprize menarik.

Ada juga aneka kuliner yang menyediakan berbagai menu sarapan bagi para pengunjung serta Toko Tani Indonesia Center (TTIC) yang juga menyediakan berbagai bahan kebutuhan pokok. 

Dihadiri ketua Dekranasda NTB Hj. Niken Saptarini Widiawati, ketua harian Dekranasda NTB Hj. Putu Selly Andayani, Ketua Iwapi NTB Hj. Baiq Diah Ratu Ganevi, Sekretaris Daerah NTB Ir. H. Rosyadi H Sayuti, Kepala Diskominfotik NTB Tri Budiprayitno serta pimpinan OPD Lingkup Pemprov NTB. (Luk- tim media).



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan