logoblog

Cari

Siapkan Desa Tangguh Bencana

Siapkan Desa Tangguh Bencana

Pengetahuan yang sudah didapat melalui pelatihan harus diimplementasikan. Ilmu yang didapat ditularkan, dikomunikasikan, dan di sosialisasikan. Anak muda juga harus bersinergi

Rupa-Rupa

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
03 Maret, 2019 16:46:05
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 2159 Kali

Pengetahuan yang sudah didapat melalui pelatihan harus diimplementasikan. Ilmu yang didapat ditularkan, dikomunikasikan, dan di sosialisasikan. Anak muda juga harus bersinergi dengan Pemprov NTB, juga berkolaborasi dengan seluruh elemen di kabupaten dan kota.

Pesan ini disampaikan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah saat penutupan Pelatihan Tanggap Bencana Bagi Pemuda Tingkat Provinsi NTB, di Bumi Perkemahan Jaka Mandala Mataram, Jum'at (1/3/19).

Wagub mengingatkan bahwa NTB adalah daerah rawan bencana. Bencana yang terjadi bisa bersumber dari gempa bumi, banjir bandang, dan lainnya. Dengan demikian masyarakat NTB harus senantiasa awas dan sigap.

"Persiapkan diri menghadapi situasi apapun, kalau terjadi gempa kita harus bagaimana, kalau banjir kita harus bagaimana, kita peka kita tau, dan kita proteksi sebelum bencana itu terjadi,”tegas Wagub.

Tanggap bencana harus terus dikampanyekan, pelatihan ini merupakan salah satu medianya. Ciptakan desa tangguh bencana.

Kedepan semua elemen harus bisa bersinergi, materi kebencanaan masuk dalam Pramuka, PMR, dan lainnya", tambah Hj Rohmi.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Hj Husnanidiaty Nurdin melaporkan, kegiatan dilaksanakan selama 4 hari dan diikuti 60 peserta dari berbagai kalangan.

 

Baca Juga :


Banyak materi yang diberikan selama pelatihan, salah satunya keterampilan saat menghadapi bencana, baik itu banjir, kebakaran, gempa bumi, dan lainnya.

Trainer khusus pun di datangkan untuk memberikan materi tersebut. Harapannya, para peserta nantinya dapat mengaplikasikan apabila bencana yang sesungguhnya terjadi,

"Kita berharap mereka bisa praktikkan apa yang didapat, karena ini untuk menghasilkan relawan yang terampil, tangguh, dan peduli terhadap situasi lingkungan sekitarnya", ucap Kadispora NTB.

Usai memberikan sambutan, Wagub secara simbolis mengukuhkan pemuda tanggap bencana NTB tahun 2019 ditandai dengan pemasangan rompi dan topi.

Wagub menyaksikan dan menyempatkan diri mengikuti simulasi tanggap bencana gempa bersama seluruh tamu yang hadir.  Sumber Humas NTB (Edy)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan