logoblog

Cari

Netralitas TNI Harus di Jaga

Netralitas TNI Harus di Jaga

Komando Distrik Militer (Kodim) 1606/Lobar menggelar Apel Danramil dan Babinsa tersebar di wilayah Kodim 1606/Lobar tahun 2018 yang diikuti seluruh Danramil

Rupa-Rupa

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
18 Desember, 2018 18:53:25
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 3315 Kali

Komando Distrik Militer (Kodim) 1606/Lobar menggelar Apel Danramil dan Babinsa tersebar di wilayah Kodim 1606/Lobar tahun 2018 yang diikuti seluruh Danramil dan Babinsa jajaran Kodim Lombok Barat di Aula Universitas 45 Mataram Mataram Jl. Imam Bonjol Tohpati Cakranegara Kota Mataram, Selasa (18/12).

Pada kesempatan tersebut, Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., memberikan pengarahan kepada seluruh peserta dengan menyampaikan pada tahun 2019, kita akan melaksanakan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serentak di seluruh Indonesia. "Pada Pileg dan Pilpres 2019 nanti kita perkuat Kepolisian untuk membantu menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan pemilihan agar berjalan aman, damai dan lancar," kata Kolonel Ahmad Rizal.

Ditegaskannya, pada Pileg maupun Pilpres, keberadaan kita sebagai anggota TNI tidak ikut memilih dan tetap menjaga Netralitas TNI mulai dari tahapan-tahapan pemilihan hingga pelaksanaan dan penghitungan surat suara. "Netralitas TNI harga mati dan tidak bisa ditawar-tawar lagi," tegasnya.

Apabila ada yang coba bermain-main dan terbukti tidak menjalankan perintah untuk menjaga Netralitas TNI sambungnya, maka akan diproses diproses sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku di lingkungan TNI.

Selain itu, Akmil lulusan 93 tersebut juga menyampaikan keberhasilan dalam kegiatan pembinaan teritorial (Binter), sangat dipengaruhi oleh sosialisasi dan implementasi serta penyampaian informasi kebijakan Pimpinan TNI AD dari Dansatwil kepada aparat Satkowil.

Itulah sebabnya, pembinaan kemampuan Binter melalui Aparat Satkowil ditujukan untuk mewujudkan kemampuan Prajurit, baik secara perorangan maupun satuan guna menyiapkan wilayah pertahanan di darat dan kekuatan pendukungnya secara dini  demi terwujudnya Kemanunggalan TNI dengan Rakyat agar selaras dengan tujuan jangka Pendek maupun jangka panjang penyiapan ruang alat juang yang tangguh sesuai doktrin Pola Pertahanan negara (Sistem Pertahanan Semesta).

 

Baca Juga :


Apel Danramil dan Babinsa yang dibuka Dandim 1606/Lobar Letnan Kolonel Czi Joko Sumanto, S.IP., dalam sambutannya program ini berkaitan langsung dengan keberadaan Aparat Komado Kewilayahan (Kowil) terutama bagi Babinsa yang langsung terjun kelapangan dan berhadapan dengan segala macam, bentuk dan karakter masyarakat di wilayah masing-masing.

”Begitu juga Danramil yang merupakan Komandan Satuan Kewilayahan terdepan yang merupakan mitra Camat dan Kapolsek atau sering di sebut Muspika, harus selalu bersinergi setiap menangani permasalahan di wilayahnya," jelas Dandim.

Dikatakannya, pada waktu apel Danrem dan Dandim di Pussenif AD Presiden RI mengapresiasi kepada Babinsa karena Babinsa sebagai ujung tombak diharapkan jangan kendor dan harus tingkatkan dalam pelaksanaan tugas di lapangan.

Kegiatan Apel Danramil dan Babinsa tersebar tahun 2018 yang digelar Kodim 1606/Lobar mengangkat tema "Profesionalisme Danramil dan Babinsa Untuk Rakyat," dilanjutkan dengan pemateri dari masing-masing Pasi Kodim 1606/Lobar. (Pen Korem 162/WB / Edy)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan