logoblog

Cari

Tutup Iklan

Inovasi Desa Sasar Pasar Nasional Dan Internasional

Inovasi Desa Sasar Pasar Nasional Dan Internasional

Sumbawa Barat. Diskominfo - Pada acara Bursa Inovasi Desa yang diadakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) kemarin, Rabu (7/11), Koordinator

Rupa-Rupa

Feryal Mukmin Pertama
Oleh Feryal Mukmin Pertama
08 November, 2018 11:21:04
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 629 Kali

Sumbawa Barat. Diskominfo - Pada acara Bursa Inovasi Desa yang diadakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) kemarin, Rabu (7/11), Koordinator Penyedia Peningkatan Kapasitas Tekhnis Desa, M. Putra Sahban menjelaskan bahwa potensi dan produk desa di KSB sangat banyak dan bervariasi, tetapi masih kurang dalam penyediaan bahan baku sehingga para UKM kesulitan memproduksi produk-produk inovasi unggulan.

Seperti yang dihadapi oleh UKM di Desa Seran Kecamatan Seteluk, Seran memiliki produk unggulan yaitu Manisan yang terbuat dari tomat dan Keripik Melo. Kekurangan bahan baku juga dirasakan UMK Desa Sekongkang Bawah yang kekurangan dalam mendapatkan bahan baku lidah buaya, begitu juga desa-desa lainnya yang sangat ingin berinovasi seperti Desa Seloto dengan pengolahan jamur tiram, Desa Banjar dengan bahan baku pisang yang dapat dibuat tepung sehingga dapat diolah menjadi berbagai macam produk olahan serta masih banyak lagi desa-desa yang mempunyai potensi yang luarbiasa.

Sahban memaparkan, jika di KSB bisa menyediakan bahan baku yang sesuai dengan kebutuhan UKM maka produk inovasi desa akan bisa dijual lebih banyak sehingga akan mendongkrak ekonomi masyarakat. "Jika bahan baku di KSB sudah cukup, maka UKM di setiap desa di KSB akan hidup dan berinovasi, sehingga tidak menutup kemungkinan produk-produknya nanti akan sasar pasar nasional, dalam hal ini kami akan membantu memasarkan melalui toko oleh-oleh dan melalui media sosial." Ucap Putra Sahban.

Sejauh ini tidak ada kendala yang dihadapi oleh P2KTD dalam mendropship produk hasil inovasi desa, karena pihak P2KTD selalu melakukan pendampingan kepada para UKM sehingga dalam memproduksi dan mengemas produk lebih terlihat modern, dengan produk yang bervariasi dan tampilan yang bagus maka tidak menutup kemungkinan nantinya akan dipromosikan ke pasar yang lebih luas yakni pasar Nasional bahkan Internasional, hal tersebut karena banyaknya wisatawan manca negara yang berkunjung ke NTB.

 

Baca Juga :


Putra Sahban berharap kepada kepala desa untuk mendongkrak semangat masyarakat sehingga UKM di desa bisa lebih hidup dan meningkatkan produk-produk yang dimiliki desa, namun dengan cara memperhatikan kualitas dari produk tersebut.

Kedepannya  P2KTD akan bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan perdagangan dan Dinas Pariwisata sehingga nantinya pemerintah dapat membantu menyediakan tempat atau toko oleh-oleh di Kota Taliwang. (Feryal/Fitri/Rangga)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan