logoblog

Cari

Tutup Iklan

Dosen UI Dorong Hotel di Lombok Disertifikasi Halal

Dosen UI Dorong Hotel di Lombok Disertifikasi Halal

Pengembangan pariwisata halal di Lombok harus diikuti dengan sertifikasi halal dunia perhotelan. Namun kesadaran pihak hotel mengurus sertifikasi halal masih kurang.

Rupa-Rupa

Lilwalidaini ihsan
Oleh Lilwalidaini ihsan
06 November, 2018 17:18:50
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 816 Kali

Pengembangan pariwisata halal di Lombok harus diikuti dengan sertifikasi halal dunia perhotelan. Namun kesadaran pihak hotel mengurus sertifikasi halal masih kurang. Hal ini mendorongg akademisi Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) melakukan sosialisasi pengembangan potensi Widiya halal bidang perhotelan di NTB, Selasa (6/11).

Kegiatan ini merupakan program pengabdian masyarakat UI. Setiap tahun UI memiliki program untuk memberikan bantuan bagi masyarakat sekitar dan selanjutnya dijadikan desa binaan, salah satu yang dipilih Lombok. 

Dosen FH UI Dr. Gemala Dewi menyebutkan bahwa pihaknya ingin melihat semua hotel patuh terhadap semangat UU No 33 2014 tentang Jaminan Produk Halal. Salah satu yang diatur ialah tentang pelaksanaan sertifkasi halal bagi hotel.

Selama ini hotel-hotel di Lombok banyak yang belum melakukan sertifikasi halal.  Padahal undang-undang mengatur hal tersebut. Untuk itu tidak ada alasan pihak hotel untuk tidak melakukan sertifikasi halal. 

Dari catatannya, ada sebanyak 300 hotel di NTB dan sebagian besar di Lombok yang belum disertifikasi halal,  khususnya sertifikasi halal untuk dapur. Jumlah ini tentu masih sedikit sekali bila dibandingkan dengan yang sudah disertifikasi halal.

 

Baca Juga :


"Ada 300 hotel yang belum disertifikasi halal dapurnya. Baru 50 restoran yang telah sertifikasi halal. Di Senggigi baru 11 hotel yang telah dapat sertifikasi halal padahal sudah banyak diminati," ungkapnya.

Diharapkan dapat membantu pihak perhotelan dalam mengurus proses sertifikasi halalnya. 

"Paling tidak suasananya nyaman dan aman  kalau sudah sertifikasi halal," ungkapnya. (*)



 
Lilwalidaini ihsan

Lilwalidaini ihsan

Nama Lilwalidaini ihsan Panggilan Ichan Alamat Dasan Agung Tanak Beak Lombok Tengah Hobi Menulis & Fotografi Email lilwaihsan@gmail.com Wa 082 340 181 425 Exis 083 129 790 828 "Jangan Lupa Komunikasi & Koordinasi Sebelum Bertindak"

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan