logoblog

Cari

Jangan Hanya Jadi Penonton

Jangan Hanya Jadi Penonton

Pelatihan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM ) Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) digelar kembali Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi NTB.

Rupa-Rupa

Lulu walmarjan
Oleh Lulu walmarjan
24 Oktober, 2018 13:42:29
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 4845 Kali

Pelatihan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM ) Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) digelar kembali Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi NTB. Tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah ‘’ Pasar Kampung Online ‘’.

Sebelumnya roadshow KIM ini telah dilaksanakan di beberapa kabupaten lainnya, seperti kabupaten Bima, kota Bima, Sumbawa, Dompu, Lombok Timur dan Lombok Tengah. Kali ini, Selasa (23/10) berlangsung di Lombok Barat dan Kota Mataram serta yang terakhir akan diselenggarakan di kabupaten Lombok Utara. Untuk di Lombok Barat sendiri, pelatihan peningkatan kapasitas KIM ini berlangsung di Balai Diklat Pertanian Lombok Barat. 

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinas Kominfo Lombok Barat Drs. Rasidi dalam sambutannya menjelaskan, sebagai penyebar luas informasi kepada masyarakat. KIM yang ada di kabupaten/ kota membutuhkan peningkatan kapasitas, sehingga mampu menjalankan peranannya dengan baik.

‘’ Kita dalam menjalankan peranan kepada masyarakat, jangan sampai kita sendiri yang memberi penerangan malah justru meredup bagaikan lilin. KIM ini ingin benar- benar kita wujudkan disamping memberikan informasi juga mendapatkan informasi, dengan informasi tersebut nanti bisa Berjaya dan dapat mengambil manfaat, sehingga bisa diamalkan untuk disebarluaskan kepada masyarakat,’’ tuturnya.

Rasidi berharap, para peserta yang mengikuti pelatihan ini bisa mengambil manfaat, tidak hanya menjadi penonton saja namun mampu memanfaatkan peluang yang ada. "Kami harap kita tidak hanya bisa membeli tapi juga menjual, kita jangan sampai konsumtif saja tapi juga harus produktif. Kita harus tahu kapan saatnya kita jadi produsen dan konsumen,"jelasnya. 

 

Baca Juga :


Dikesempatan yang sama, kepala Dinas Kominfotik NTB yang diwakili kepala Seksi Pengelolaan dan Dokumentasi Informasi H. Tarmidzi, S.Kom menyampaikan bahwa di era digital ini, KIM harus ditingkatkan derajatnya bersamaan dengan kemajuan teknologi yang ada. 

"Teknologi kalau tidak disatukan dengan ekonomi kreatif maka tidak akan bisa bergerak, anda diharapkan bisa menjadi tutor atau trader di wilayah masing-masing utamanya dalam bisnis online yang mulai banyak bermunculan saat ini. Biar kita tidak hanya jadi penonton saja,"ungkapnya.

Pelatihan tersebut menghadirkan narasumber yakni Hayi Nukman dari bisnis online Bukalapak.com yang menyampaikan materi tentang e-marketplace dan potensi bisnis digital.(Luk-tim media).



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan