logoblog

Cari

Tutup Iklan

Merubah Main Jadi Berkualitas

Merubah Main Jadi Berkualitas

Manfaat gempa apa? Pertanyaan itu mungkin terdengar sedikit nyeleneh. Tapi siapa yang dapat memungkiri kalau segala sesuatu di dunia ini ada

Rupa-Rupa

Novita Hidayani
Oleh Novita Hidayani
18 September, 2018 10:19:31
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 884 Kali

Manfaat gempa apa? Pertanyaan itu mungkin terdengar sedikit nyeleneh. Tapi siapa yang dapat memungkiri kalau segala sesuatu di dunia ini ada manfaatnya?

Sebenarnya ini lebih tepatnya di sebut hikmah atau ibroh. Tapi, supaya tidak terdengar mainstream dan membuat orang malas membaca semalas menonton sinetron-sinetron tentang azab, maka mari kita sebut saja ini sebuah manfaat.

Bicara soal manfaat gempa, "Teman Main" adalah salah satu komunitas yang terbentuk karena gempa Lombok. Jadi ini salah satu manfaatnya? Ya, mari sebut saja begitu.

Bencana gempa yang telah meluluhlantahkan sebagian besar wilayah Lombok, mematikan ekonomi puluhan ribu jiwa, dan membuat begitu banyak anak-anak kehilangan kehidupan normalnya, menyatukan sekelompok anak muda yang dulunya teman satu kampus untuk membuat komunitas yang konsen membantu anak-anak.

Gempa menyatukan segerombolam anak muda yang suka main dalam sebuah komunitas bernama "Teman Main". Tapi bukan sekedar main, berhubung mayoritas anggota komunitas ini adalah mahasiswa dan alumni fakultas pendidikan dari berbagai jurusan. Maka, mereka merubah main-main menjadi lebih berkualitas dengan edukasi berbagai macam hal.

Mereka yang terbentuk sejak awal gempa, terus berusaha mengumpulkan dana sumbangan secara online lalu menyalurkannya dalam program Pshycological First Aid yang diberikan kepada anak-anak korban terdampak gempa.

 

Baca Juga :


Sekali seminggu atau sekali dua minggu, mereka turun ke lapangan memberikan edukasi mengenai mitigasi bencana kepada anak-anak yang dikemas dalam mini teater atau pertunjukan dongeng yang digemari anak-anak.

"Kami memberikan game-game  kepada anak dengan tujuan menghindari mereka dari stress dan kesedihan. Kami juga berikan mitigasi bencana supaya adik-adik lebih terlatih menghadapi benca. Semuanya kami bungkus seperti tengah bermain. Jadi kesannya lebih ringan, tapi kami berharap mainnya lebih berkualitas," jelas Ryke Rulian Sucihati, salah seorang anggota "Teman Main".

Kedepannya setelah bencana gempa berakhir dan perlahan masyarakat kembali bakit menata hidup, Komunitas Teman Main ingin tetap ada untuk anak-anak Lombok. Mereka ingin tetap berbagi ilmu dan kebahagiaan yang semuanya dibungkus dalam "main" yang asyik. (nov-tim media)



 
Novita Hidayani

Novita Hidayani

email: hidayaninovita@gmail.com facebook: Novita Hidayani twitter: @yfoundme

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan