logoblog

Cari

Ekonomi Bangkit Paska Gempa

Ekonomi Bangkit Paska Gempa

KM Sambang Kampung- Musibah gempa membuat hampir seluruh Lombok Timur bagian utara luluh lantah yaitu di Kecamatan Sembalun, Kecamatan Sambelia, Kecamatan

Rupa-Rupa

KM. Sambang Kampung
Oleh KM. Sambang Kampung
17 September, 2018 10:53:35
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 4012 Kali

Sinar sejahteraKM Sambang Kampung- Musibah gempa membuat hampir seluruh Lombok Timur bagian utara luluh lantah yaitu di Kecamatan Sembalun, Kecamatan Sambelia, Kecamatan Pringgabaya. Keadaan ini membuat banyaknya kantong-kantong pengungsian dengan kondisi yang sangat memperihatikan. Pengungsi hanya mengharapkan bantuan dari para donatur dan pemerintah namun jumlahnyapun tidak sebanding dengan jumlah pengungsi yang ada. Bantuan yang diberikan hanya dapat membantu pengungsi untuk jatah hidup dua hari kedepan setelah itu kembali mengharapkan bantuan.

Melihat kondisi pengungsi yang memprihatinkan tersebut maka Kampung Media Sambang Kampung mengajak beberapa pengungsi untuk cepat bangkit dari keterpurukan ekonomi ini. Kampung Media Sambang Kampung menfasilitasi berdirinya Kelompok Usaha Sinar Sejahtera yang berada di Dusun Mudung Barat Desa Anggaraksa Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur, dimana kelompok ini berinisiatif untuk memanfaatkan seluruh potensi yang tersisa dari gempa. Adapun potensi desa yang di miliki oleh dusun Mudung Barat Desa Anggaraksa ini adalah adanya buah sukun. Buah sukun ini selanjutnya diolah menjadi kripik sukun.

Kini kripik sukun ini sudah mulai diproduksi dan dipasarkan diwilayah Lombok Timur yaitu di Desa Teros, Selong, Mataram bahkan di pesanan sudah sampai di Kabupaten Sumbawa Barat dan pengiriman ke Jakarta Selatan. Adapun konsumen dari Jakarta selatan dipesan dari online yaitu Farah Arifah yang beralamat di Jl. H.R. Rasunasaid Kantor Pos Flaza.

Dukungan dari berbagai pihak sangat diharapkan untuk meningkatkan kualitas, produksi, dan pemasaran dari kripik sukun ini. Saat ini kelompok Usaha Sinar Sejahtera mampu memproduksi kripik sukun hingga Rp 500.000 per hari. Usaha ini mampu menggairahkan kembali ekonomi masyarakat yang sudah lumpuh.

 

Baca Juga :


Masyarakat sekarang harus bangkit dari keterpurukan ekonomi dan mengambil hikmah dari gempa bumi yang menimpa ini.Dengan adanya kelompok usaha Sinar Sejahtera masyarakat tidak hanya mengandalkan bantuan dan berpangku tangan saja namun harus mampu bangkit dengan kekuatan yang ada. Semoga ekonomi masyarakat cepat pulih kembali untuk menata masa depan yang lebih baik. (Uyik)



 
KM. Sambang Kampung

KM. Sambang Kampung

Bercita-cita membangun Agro Mart HP. 081917979038 Anggota Kampng Media Sambang Kampung : 1. MASYHURI, SE.MM. 2. SALMAN ALFARISI. SE.MM. 3.ZUHROTUL AINI, AMd. KL. 4. M. HUSNUL FIKRI, ST. 5. NADIA PUJI LESTARI

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan