logoblog

Cari

Tutup Iklan

Aksi Pemerintah NTB Rekonstruksi Pasca Gempa

Aksi Pemerintah NTB Rekonstruksi Pasca Gempa

Pemerintah Provinsi NTB melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi NTB mengadakan Rapat Rekonsiliasi Dokumen Rencana Aksi Rehabilitasi Rekonstruksi Pasca Gempa bumi 

Rupa-Rupa

Syarlaili Humairoh
Oleh Syarlaili Humairoh
13 September, 2018 12:38:19
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 1394 Kali

Pemerintah Provinsi NTB melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi NTB mengadakan Rapat Rekonsiliasi Dokumen Rencana Aksi Rehabilitasi Rekonstruksi Pasca Gempa bumi  kabupaten kota terdampak yang berlangsung di Ballroom Hotel Green Legi, rabu (12/09).

Kegiatan ini dihadiri oleh Gubernur NTB yang diwakili oleh Sekretaris Daerah NTB, Kepala BNPB yang diwakili oleh deputi Rehabilitasi dan Rekonstruksi, serta seluruh OPD terkait.

Dalam sambutannya Sekda NTB Ir Rosiady Sayuthi berharap agar semua OPD terkait telah menyusun rapim rancang besaran dana aksi rehabilitasi dan rekonstruksi yang akan ditindak lanjuti. 

“Finalisasi dan publikasi hasil rencana hari ini akan dilaksanakan pada tanggal l8 September mendatang dengan kebijakan kebijakan pemerintah.”jelasnya.

Selain itu Rosiadi menjelaskan terkait penyaluran dana bantuan renovasi hunian korban gempa.

“Diharapkan setelah acara ini diharapkan dana tersebut sudah dapat dicairkan. Sementara ini masih tersekat oleh prosedur persyaratan administrasi yang harus terpenuhi sesuai dengan standar yang sudah diatur. Selain itu harus ada surat usulan dari Bupati/Walikota yang juga didukung dengan data, dan mudah mudahan sudah kelar SOP nya nanti dari tim teknis pendamping”tuturnya.

Kepala BNPB yang diwakili oleh Deputi Rehabilitasi dan Rekonstruksi Hermansyah menjelaskan akan  ada 5 sektor menjadi target pasca bencana yakni sektor perumahan, infrastruktur, sosial, ekonomi produktif dan lintas sektor, keseluruhan mengalami kerusakan senilai Rp. 12,40 T, kerugian yang dialami sebanyak Rp. 2,49 T dan Kebutuhan yang diperlukan Ro. 10,19T.

 

Baca Juga :


Dukung percepatan yang diharapkan agar dapat melakukan pemulihan cepat dan berkelanjutan pada seluruh sektor kehidupan masyarakat, melakukan pemulihan kondisi mental dan pendampingan bagi anak - anak, remaja, ibu, lanjut usia dan difabel.

Selanjutnya melakukan pemulihan kondisi dan perbaikan kegiatan ekonomi, membuat kesempatan kerja untuk menambah upah dan pendapatan sementara, memberikan penyelenggaraan pelayanan publik, pembangunan infrastruktur dan pemulihan kepercayaan wisatawan asing terhadap pariwisata NTB. 

Selain itu BNPB juga telah menyiapkan Rencana Aksi dan rekonstruksi yang harus disepakati bersama.

“Jadi harus disepakati rencana aksi dan rekonstruksi ini, setelah itu kabupaten kota setelah final akan menetapkan rencana aksi dan rekonstruksi dengan keputusan bupati, rencana aksi adalah alat yang menjadi penting untuk kita semua. (ely, yar, buang - tim media)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan