logoblog

Cari

Pasca Gempa, Pekerja Bangunan Tetap Eksis

Pasca Gempa, Pekerja Bangunan Tetap Eksis

Guncangan bumi oleh pergeseran tanah yang dahsyat melanda Pulau Lombok. Guncangan bumi atau gempa bumi yang melanda Pulau Seribu Masjid ini

Rupa-Rupa

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
29 Agustus, 2018 22:21:09
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 4624 Kali

Guncangan bumi oleh pergeseran tanah yang dahsyat melanda Pulau Lombok. Guncangan bumi atau gempa bumi yang melanda Pulau Seribu Masjid ini bukan hanya terjadi pada tanggal 29 Juli 2018, melainkan berkali-kali guncangan bumi susulan berlangsung dengan Skala Richter (SR) yang berbeda, yakni dari skala yang rendah hingga skala yang tinggi. Hal ini membuat warga masyarakat Lombok waspada dan berjaga-jaga, sehingga banyak mengunsi dari tempat tinggal mereka. Sebagian aktifitas masyarakat pun terpaksa terpending. Kendati demikian, di Pancor, Kecamatan Selong, Lombok Timur masih terlihat sekelompok pekerja bangunan tetap eksis menjalankan tugasnya.

Menjelang Pasca Gempa Lombok , sebuah proyek bangunan rumah sedang dalam tahap pembagunan. Proyek bangunan yang terletak di Jalan Bermis dua Pancor, Selong, Lombok Timur direncanakan akan rampun hingga akhir September 2018. Olehnya itu, sangat wajar bila sekelompok pekerja bangunan di lokasi tersebut tetap eksis dalam melanjutkan tugas mereka pada tiap harinya. Mereka tampak berani dalam menjalin kekompakan kerja di atas lantai bangunan yang sedang dibangun.   Seolah-olah mereka tidak pernah memikirkan kalau Pasca Gempa telah mewarnai aktifitas mereka.

Selain mengejar target dalam menyelesaikan proyek bangunan rumah, para pekerja bangunan itu menggantungkan hidup dari proyek tersebut sehingga mereka tak mau menyia-nyiakan waktu. Padahal, baru saja semalam terjadi gempa susulan yang bekekuatan 7,0 SR dan disusul dengan gempa lain. Mereka pun tetap berani untuk memanjat bangunan tersebut hingga membenahi bagian-bagian yang perlu diselesaikan.

Namun bila ditanya tentang keberanian mereka bekerja bangunan di saat Pasca Gempa melanda Lombok, mereka pun menjawab “santai, tenang dan jangan panik”. Itulah persiapan mereka dalam menghadapi gempa ketika sedang menjalankan tugasnya sebagai pekerja bangunan.

Menurut Zamroni selaku buruh bangunan, “masalah keselamatan dalam menghadapi gempa susulan, semuanya kami serahkan kepada Yang Maha Kuasa. Karena biar bagaimana pun proyek ini harus selesai tepat waktu. Kami pun juga butuh uang untuk hidup jadi terpaksa memberanikan diri bekerja di sela-sela gempa ini.”   

“Persoalan gempa susulan memang sulit diprediksi kapan waktunya. Dan kalaupun kita harus menunggu gempa hingga berakhir baru akan melanjutkan kerja tentu kita terhambat, karena kita tidak tahu juga kapan berakhir gempa susulan itu. Jadi lebih baik kita kerja saja, yang penting berjaga-jaga, hati-hati, dan tetap meminta perlindungan dari Yang Maha Kuasa,” ujar Zaenul yang juga salah seorang buruh bangunan.

“Tapi Alhamdulillah, selama kita bekerja di bangunan ini, kita tidak pernah bertepatan dengan datangnya gempa. Dan muda-mudahan Tuhan selalu melindungi kita semua. Tapi kita tetap selalu berhati-hati, berjaga-jaga menghadapi gempa susulan,” ujar Fahmi lalu mengangkat sebuah ember kecil yang berisi campuran semen.

 

Baca Juga :


Inilah salah satu catatan harian saya di saat Pasca Gempa melanda Pulau Lombok. Di tengah kepanikan orang-orang, di tengah kewaspadaan orang-orang dalam menghadapi gempa susulan, aktifitas masyarakat banyak yang terpending. Namun masih ada saja sekelompok warga, yaitu pekerja bangunan yang masih memberanikan diri untuk bekerja di saat kondisi gempa yang berkali-kali datang mengguncang bumi. Tapi atas keyakinan dan doa mereka agar tetap dilindungi oleh Allah SAW, mereka pun tetap beraktifitas dengan tenang demi untuk menghidupi diri dan keluarga.

    

 

     

  



 
KM JONG CELEBES

KM JONG CELEBES

Andi Mulyan Datu Tjondong Dari Kabupaten Soppeng (Sul-Sel) -, tinggal di Selong/Mataram , fb: - Aron Zaan, No. Hp. 085333838169, pendikan Si (sastra perancis -UNHAS),pendidikan : S2 Sosiologi,ngabdi di UNU NTB MATARAM< UGR LOTIM<

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan