logoblog

Cari

Atraksi Peresean Galang Dana Gempa Di Jakarta

Atraksi Peresean Galang Dana Gempa Di Jakarta

Musibah besar melanda Pulau Lombok. Gempa Bumi yang berkepanjangan sejak 29 Juli hingga 19 Agustus 2018 membuat kepanikan bagi semua warga

Rupa-Rupa

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
24 Agustus, 2018 18:01:40
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 8228 Kali

Musibah besar melanda Pulau Lombok. Gempa Bumi yang berkepanjangan sejak 29 Juli hingga 19 Agustus 2018 membuat kepanikan bagi semua warga Lombok. Kekuatan gempa yang berskala 6,5 SR hingga 7,0 SR mengakibatkan banyak bangunan roboh dan sejajar dengan tanah. Ratusan warga penduduk Lombok menghembuskan nyawa, dan lainnya mengalami luka-luka. Demikian dengan warga yang selamat, sebagian mengunsi di lapangan, bukit, pinggir jalan atau di luar rumah dengan memasang tenda. Adapun yang punya rumah masih utuh, mereka tidak berani masuk ke dalam rumah apalagi untuk tidur karena kuatir akan gempa susulan. Namun titik persoalan adalah kebutuhan pangan, pakaian, kesehatan, keamanan dan fasilitas lainnya bagi para pengunsi.

Fenomena sosial atas guncangan gempa yang melanda masyarakat Lombok menjadi informasi terkini di di berbagai media sosial. Bebagai kelompok sosial peduli gempa baik yang ada di NTB, maupun di luar NTB mengirim relawan untuk evakuasi korban di pusat runtuhan bangunan dan tanah yang longsor. Mereka mengabdikan diri secara sukarela demi untuk membantu sesama manusia yang mengalami bencana alam yang sungguh dasyat. Selain itu, mereka pun bekerja dengan ikhlas untuk mengantar makanan atau kebutuhan lainnya pada warga masyarakat yang mengunsi di lapangan atau di tempat pengunsian yang dianggap aman oleh warga korban.

Penggalangan dana pun berlangsung di berbagai tempat atau di berbagai pelosok yang ada di Negara kita Indonesia. Kotakan peduli gempa digelar di sudut-sudut jalan oleh kelompok mahasiswa atau kelompok pemuda peduli gempa. Demikian pula dengan instansi pemerintahan, badan swasta, atau kelompok sosial peduli kemanusiaan menggalang dana secara teroganisir, baik melaui nomor rekening tertentu maupun melalui posko-posko penggalangan dana yang tersebar diberbagai tempat atau daerah.

Di Jakarta, Penggalangan dana untuk korban bencana alam di Lombok digelar oleh Sanggar Seni Gumi Gora Jakarta. “ Sebagai orang Lombok yang berkecimpun di Sanggar Seni Gumi Gora Jakarta, kami sangat bersedih dan berduka mendengar warga Lombok yang terkena musibah besar. Olehnya itu, sebagai bentuk kepedulian kami adalah melakukan penggalangan dana untuk membantu warga yang terkena bencana di sana,” ujar Zainal salah seorang pernonil Sanggar Seni Gumi Gora saat sedang latihan persiapan gelar dana korban gempa yang berlokasi di Rumah Adat Nusa Tenggara Barat Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Persiapan mereka dalam menggalangan dana gempa adalah dengan menampilkan atraksi seni tradisional “Peresean” yang diiringi dengan musik tradisional sasak.

 

Baca Juga :


“Kami akan menggalang dana untuk korban gempa Lombok di autdoor Tangerang dan di berbagai autdoor lainnya dengan menampilkan “Peresean” yang diiringi musik tradisional sasak,” ujar Zainal yang mengaku kalau dirinya berasal dari Terara Lombok Timur.

Selain itu, salah seorang anggota Sanggar Seni Gumi Gora Jakarta yang juga berasal dari Terara Lombok Timur menyampaikan bahwa hasil penggalangan dana nantinya akan diantar langsung ke berbagai titik pengunsian korban gempa yang ada di Lombok. Hanya saja dalam penggalangan dana gempa Lombok, mereka butuh beberapa hari di berbagai autdoor untuk mencapai hasil yang maksimal.

 



 
KM JONG CELEBES

KM JONG CELEBES

Andi Mulyan Datu Tjondong Dari Kabupaten Soppeng (Sul-Sel) -, tinggal di Selong/Mataram , fb: - Aron Zaan, No. Hp. 085333838169, pendikan Si (sastra perancis -UNHAS),pendidikan : S2 Sosiologi,ngabdi di UNU NTB MATARAM< UGR LOTIM<

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan