logoblog

Cari

Tutup Iklan

Pelatihan Kerajinan Tangan Untuk Masyarakat Desa Rensing Bat

Pelatihan Kerajinan Tangan Untuk Masyarakat Desa Rensing Bat

KM-RENSING BAT_Pemerintah Desa Rensing Bat Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur menggelar Pelatihan Kerajinan Tangan, Pelatihan tersebut dipusatkan di Aula Kantor

Rupa-Rupa

KM Rensing Bat
Oleh KM Rensing Bat
21 Agustus, 2018 10:11:39
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 3077 Kali

KM-RENSING BAT_Pemerintah Desa Rensing Bat Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur menggelar Pelatihan Kerajinan Tangan, Pelatihan tersebut dipusatkan di Aula Kantor Desa dan halaman belakang Kantor Desa Rensing Bat, Pelatihan akan dilaksanakan selama 5 hari mulai hari ini Senin 20 Agustus 2018 sampai hari Sabtu 18 Agustus 2018. Pelaksanaan pelatihan akan di liburkan satu hari yaitu hari rabu karena hari itu adalah hari Raya Idul Adha.

Pelatihan kerajinan tangan ini di danai oleh pemerintah Desa Rensing Bat melalui Dana Desa tahap II dan di ikuti oleh 25 peserta yang berasal dari tiga Dusun yang ada di Desa Rensing Bat yang di ambil dari kalangan pemuda, Ibu-ibu PKK dan Ibu-ibu rumah tangga.

Sebelum acara pelatihan di mulai, Kepala Desa Rensing Bat Muhammad Hilmi, SE mengumpulkan peserta untuk di berikan penjelasan tentang bagaimana pentingnya kegiatan pelatihan agar ke depan mampu membangun kemandirian sebagai penunjang pendapatan perekonomian keluarga dan masyarakat.

Kepala Desa Rensing Bat sebelum acara pelatihan di buka dalam sambutannya mengatakan, keterampilan usaha industri kerajinan merupakan salah satu kegiatan yang memiliki efek ganda terhadap peningkatan ekonomi warga. Disamping bisa menambah pendapatan harian, juga bisa membantu penyerapan tenaga kerja Karena usaha ini dalam perkembangannya melibatkan banyak orang,”  Terang Kades.

Kades menambahkan, Khusus di Kecamatan Sakra Barat masih belum ada desa-desa yang berani menganggarkan pelatihan seperti yang kita laksanakan ini, bukan kali ini saja kita melakukannya, melainkan sudah beberapa kali mulai dari tahun 2016 sepeti pelatihan tata boga, Multimedia dan yang sekarang adalah kerajinan tangan. Upaya peningkatan ekonomi masyarakat di Desa merupakan langkah penting dan strategis. Kades mengajak peserta untuk mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh agar ilmu yang di dapat bisa di terapkan nantinya.

 

Baca Juga :


Sementara itu Pak Husin selaku tutor dalam pelatihan tersebut berharap,  “Kerajinan tangan ini nantinya bisa menjadi penghasilan tambahan keluarga, sekarang tinggal ketekunan dan kemauan saja sehingga kita bisa menghasilkan produk kerajianan yang berkwalitas dan mampu menarik pembeli di pasaran nantinya. Sebelum ini sudah banyak desa-desa di Lombok timur yang sudah bisa menghasilkan produk kerajinan tangan yang bisa mengangkat nama baik desanya dan berharap di Desa Rensing Bat ini juga nantinya bisa menjadi desa penghasil produk kerajinan tangan yang berkualitas,” Tutupnya.

Pada pelatihan kali ini peserta dibimbing membuat kerajinan tangan berupa pembuatan Bak sampah, Eksesoris lampu, Tas dan kerajinan tangan lainnya. Pemerintah Desa mendatangkan pembimbing / tutor khusus dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lombok Timur guna mensukseskan kegiatan. (a_m



 
KM Rensing Bat

KM Rensing Bat

Desa Rensing Bat berbatasan dengan Kabupaten lombok tengah yang merupakan desa paling barat di Kecamatan Sakra Barat setelah Desa Sukarara dan Desa Rensing.Kepala Desa MUHAMMAD HILMI, SE HP.081803647953, IBRAHIM ARIFIN HP.087763052575 (penulis)

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan