logoblog

Cari

Tutup Iklan

Edukasi Gempa Lewat Dongeng

Edukasi Gempa Lewat Dongeng

Lombok Psycholigal First Aid Team adalah sebuah kelompok relawan, di bawah naungan Yayasan Samanta NTB, yang juga turut memberikan pertolongan secara

Rupa-Rupa

Novita Hidayani
Oleh Novita Hidayani
20 Agustus, 2018 12:35:23
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 4607 Kali

Lombok Psycholigal First Aid Team adalah sebuah kelompok relawan, di bawah naungan Yayasan Samanta NTB, yang juga turut memberikan pertolongan secara psikologis kepada korban gempa Lombok khususnya anak-anak. 

Tidak hanya membantu anak-anak untuk mengobati rasa stressnya terhadap gempa dengan permainan-permainan edukatif, LPFAT juga membekali anak-anak korban dengan edukasi mengenai gempa dan cara pertahanan diri.

Yang unik dari LPFAT adalah, edukasi mengenai gempa dan cara pertahanan diri diberikan kepada anak-anak melalui dongeng. Seperti yang dilakukan di salah satu posko pengungsian Dusun Pandanan, Desa Malaka Lombok Utara. (19/8).

LPFAT yang merupakan sekumpulan relawan muda yang mayoritasnya adalah Serjana Pendidikan dan Mahasiswa Pendidikan ini membawakan dongeng berjudul "Raksasa Gempa dan Putri Kecil".

"Dongen ini yang ciptakan salah seorang relawan kami juga. Isinya menceritakan tentang kenapa gempa bisa terjadi dan bagaimana cara melindungi diri," jelas Rifki Pratama (24) ketua LPFAT.

 

Baca Juga :


Tidak hanya menampilkan dongeng edukasi mengenai gempa dan cara mempertahankan diri, LPFAT juga membawa bintang tamu pendongeng cilik asal SDN 1 Ampenan, Aliyya Pijar Buana yang membawakan dongeng karyanya sendiri berjudul "Asyiknya Jujur".

Anak-anak terlihat sangat antusias mendengarkan dongeng-dongeng yang dibawakan oleh kakak-kakak relawan dari LPFAT. Mereka dapat tertawa lepas dan terlihat sangat menikmati pertunjukan dongeng yang disuguhkan. Meskipun tepat setelah LPFAT memberikan materi, gempa kembali mengguncang Lombok sehari semalam. (novita-tim media)



 
Novita Hidayani

Novita Hidayani

email: hidayaninovita@gmail.com facebook: Novita Hidayani twitter: @yfoundme

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan