logoblog

Cari

Tutup Iklan

Membangun Tanpa Data Sangat Sulit

Membangun Tanpa Data Sangat Sulit

"Mencari dan menginput data memang sangat sulit, tapi membangun dan membuat perencanaan tanpa data, jauh lebih sulit,"ungkap Kepala Dinas Kominfotik NTB,

Rupa-Rupa

Suparman
Oleh Suparman
20 Juli, 2018 07:24:07
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 952 Kali

"Mencari dan menginput data memang sangat sulit, tapi membangun dan membuat perencanaan tanpa data, jauh lebih sulit,"ungkap Kepala Dinas Kominfotik NTB, Drs. Tri Budipraytno M.Si saat  menyambut kunjungan dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Jembrana Provinsi Bali, ruang kepala dinas, Kamis (19/07).

Data statistik sektoral adalah statistik yang pemanfaatannya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan instansi pemerintah tertentu dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas pemerintah dan tugas pembangunan yang merupakan tugas pokok instansi pemerintah yang bersangkutan.

Tri Budipraytno menjelaskan bahwa bidang Statistik Diskominfotik NTB sedang menyusun sebuah buku tentang data sektoral yang mendukung pembangunan daerah. Kemudian ada program yang sedang berjalan dengan bantuan tutorial dari BPS NTB untuk mempermudah dalam menyuguhkan informasi data sektoral kepada masyarakat "kami akan mencoba dengan program desain infografis,  sehingga bukan tampilan seperti buku. Tapi sudah dalam bentuk pamflet atau buku tipis, yang dalam satu halaman sudah menampilkan berbagai informasi data sehingga orang tertarik untuk membaca," ungkap Tri.

Dalam kesempatan yang sama, Sekdis Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jembrana, Dra. Satuhuning Tyas Winarni, menjelaskan bahwa tujuan kunjungan ini merupakan bentuk antusias terhadap program dan inovasi yang berkaitan dengan aplikasi tentang data, seperti halnya aplikasi Klinik Statistik.

"Setelah kami melihat di Website, ternyata ada aplikasi tentang statistik, dan kami merasa tertarik. Dan kami ingin tahu, seperti apa sih aplikasi ini,"ungkap Satuhuning penuh harap.

 

Baca Juga :


Klinik Statistik merupakan aplikasi yang menjadi terobosan baru dan dibuat oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTB bekerja sama dengan Diskominfotik NTB,  mempermudah masyarakat untuk melihat pertumbuhan ekonomi, jumlah penduduk, hasil pertanian dan lain-lain yang terjadi di daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Ia juga berharap bahwa kunjungan sekaligus study banding ini merupakan langkah awal untuk menyusun data yang valid dalam mendukung pembangunan daerah Jembrana "kita juga bisa shering, dan menemukan inovasi baru bagaimana menghimpun data yang lebih efektif,"jelasnya.

Kunjungan dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Jembrana Prov Bali tersebut menghadirkan Kepala Sub Bagian Penyusunan Program dan Keuangan  Ni Nyoman Kamar Kasih, SE. Kabid Statistik, Maya Sariandiningsih, SP. Kasi Pengolahan Data Statistik Sektoral  I Made Agus Ana Widiatmika, M. T.I. Kasi Pengumpulan Data Statustik Sektoral, I Nyoman Mastika, ST. (Man/Edy)



 
Suparman

Suparman

nama Suparman, biasa di panggil Man. lahir di desa O,o Kec. Dompu, Kab. Dompu pada Tanggal 12 Februari 1992. anak pertama dari enam saudara. saya lahir dari pasangan Bapak A. Talib dengan Ny. Uniriyah.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan