logoblog

Cari

Akrobat Udara TNI AL di MNEK 2018

Akrobat Udara TNI AL di MNEK 2018

Biasanya aksi akrobatik di udara sering dilakukan oleh skuadron pesawat TNI Angkatan Udara, namun berbeda pada hari pembukaan Event internasional Multilateral

Rupa-Rupa

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
06 Mei, 2018 10:02:43
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 14331 Kali

Biasanya aksi akrobatik di udara sering dilakukan oleh skuadron pesawat TNI Angkatan Udara, namun berbeda pada hari pembukaan Event internasional Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2018 di pelabuhan Lembar Lombok Barat NTB. Pilot Pesawat TNI Angkatan Laut (AL) Terbang harmoni menggunakan enam pesawat Bonanza G-36.

Usai acara pembukaan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) ke-3 tahun 2018, yang dibuka secara resmi oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) RI Laksamana TNI Ade Supandi di Pelabuhan Lembar NTB, Sabtu (5/5/18).  Sebanyak 6 pesawat jenis Bonanza G-36 milik TNI AL menari-nari di atas langit pelabuhan Lembar memperagakan berbagai aksi dengan berbagai formasi udara.

Peserta dan Undangan yang dihadiri oleh Mentri Kominfo RI, Rudiantara, Gubernur NTB, TGH. M. Zainul Majdi, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) RI Laksamana TNI Ade Supandi serta perwakilan TNI AL dari 37 negara, terpukau dan tegang menyaksikan aksi akrobatik udara yang dilakukan pilot terlatih milik TNI AL ini.

Para penerbang melakukan berbagai manufer dengan formasi di udara. Diawali dengan manufer formasi delta six untuk membuka pertunjukan. Enam pesawat terbang secara bersamaan membentuk formasi 1-2-3 segi tiga. Dilanjutkan formasi break off , arrow formation, dan syncro split, manufer leader benefit, enam pesawat tersebut disambut tepuk tangan meriah seluruh delegasi, undangan dan masyarakat setempat.

Terlihat paling berbahaya manufer dengan aksi formasi syncro head-to-head. Dua pesawat terbang rendah dari arah berlawanan. Kesalahan perhitungan dalam mengemudikan pesawat maka akan terjadi tabrakan. Namun, para pilot TNI-AL itu bisa membuktikan kepiawaian mereka.

Kemampuan para pilot TNI AL cukup baik. Dengan penampilan aksi akrobat dengan berbagai formasi di udara ini, mengundang decak kagum dan tepuk tangan masyarakat dan para peserta yang hadir menyaksikan pembukaan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) ke-3 tahun 2018 di pelabuhan Lembar.

 

Baca Juga :


Sebelum  atraksi udara pesawat Bonanza G-36, sebanyak 17 pasukan penerjun payung terlatih angkatan laut RI melakukan penerjunan di laut dan mendarat membawa Bendera Merah Putih, Bendera Angkatan Laut dan Bendera Provinsi Nusa Tenggara Barat didepan undangan 37 Negara peserta MNEK 2018.

Usai atraksi terjun payung, Angkatan Laut kemudian memeragakan atraksi manufer 6 pesawat AL yang menegengkan sekaligus memukau siapa saja yang menyaksikan atraksi tersebut. Termasuk Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi dan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara yang hadir di acara itu.

Kekuatan udara TNI-AL menjadi tulang punggung pertahanan negara. Kekuatan diberbagai marta tetap diperkuat baik di uadara maupun darat. Jadi, Indonesia disegani sebagai negara maritim. (Edy)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan