logoblog

Cari

Tutup Iklan

Tari Cendrawasih SMAK Kesuma Hipnotis Pengunjung Inspiratif Expo

Tari Cendrawasih SMAK Kesuma Hipnotis Pengunjung Inspiratif Expo

Tari Cendrawasih mengisahkan tentang sepasang burung cendrawasih yang tengah dimabuk cinta. Dibalut dengan pakaian tradisional berwarna cokelat tua, warna keemasan,  selendang

Rupa-Rupa

Novita Hidayani
Oleh Novita Hidayani
30 April, 2018 10:47:38
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 4794 Kali

Tari Cendrawasih mengisahkan tentang sepasang burung cendrawasih yang tengah dimabuk cinta. Dibalut dengan pakaian tradisional berwarna cokelat tua, warna keemasan, selendang berwarna kuning cerah, serta mahkota bak burung cenderawasih, I Nyoman Indira Citra Devi dan Ida Ayu Swastika dua siswi asal SMAK Kesuma Mataram tampil memukau di acara Inspiratif Expo Diskominfotik NTB pekan ke 11 (29/4).

Saat tarian asal Bali ini yang telah ada sejak tahun 1920,  para penonton langsung membludak mengerubungi panggung Inspiratif Expo, seolah-olah telah terhipnotis oleh tiap gerakan gemulai dari Indira dan Ayu. 

Tak mengherankan, konon Indira sudah menari sejak masih berumur 3 tahun. Sedangkan Ayu, partnernya, mulai berkenalan dengan dunia tari sejak duduk di bangku Taman Kanak-Kanak. Belajar tari sejak kecil, membuat kedua siswi cantik ini meraih segudang prestasi di bidang tari.  Ayu mengaku telah banyak mengikuti lomba tari dan memenangkan beberapa penghargaan. 

"Waktu itu ikut Lomba Festival Kesenian di Taman Budaya Mataram dan dapat juara dua. Pernah juga ikut Lomba Tari WDO dan juara Tiga," jelasnya.

Tak jauh berbeda dengan Ayu, Indira yang memerankan cenderawasih jantan dalam tarian ini meski jarang mengikuti lomba tari tetapi sering diundang tampil di acara-acara baik formal maupun nonformal. 

"Saya sering diundang nari di acara gubernuran, wali kota, atau acara-acara wedding," tutur Indira. 

Ida Ayu Nyoman Tirte, Guru Seni Budaya SMAK Kesuma Mataram yang melatih Ayu dan Indira pun mengaku sangat mudah melatih kedua muridnya tersebut. Ia mengaku tidak membutuhkan waktu lama bagi Ayu dan Indira untuk menghafal dan menampilkan satu tarian. 

 

Baca Juga :


"Kedua murid saya ini memang sangat bertalenta hingga saya sama sekali tidak kesulitan membimbing mereka," jelasnya. 

Beberapa penonton yang menyaksikan tari cendrawasih yang ditampilkan Ayu dan Indira mengaku tarian tersebut benar-benar membuat mereka terpesona. Seperti yang dialami oleh Astrin Winda Audya, mahasiswa ekonomi UIN mataram yang baru pertama kali menyaksikan Inspiratif Expo dan disuguhkan banyak penampilan menarik ini. 

"Tari Cendrawasih ini hampir buat saya ndak kedip-kedip sakin bagusnya. Penarinya kompak sekali. Indah pokoknya," tutur Astrin. 

Hal serupa juga diakui Lulu' Walmarjan, Tim Media Diskominfotik NTB tersebut terus-terusan memuji kelihaian menari Indira dan Ayu sepanjang tarian tersebut disuguhkan.

Tidak hanya menampilkan Tari Tradisional Cendrawasih, Inspiratif Expo juga menampilkan beat box yang dibawakan oleh Balian dari serta tari modern yang dibawakan oleh Ida Ayu Putu Yuna Pratiwi dan Saprila Anggini dari SMAN 8 mataram. (tim media)



 
Novita Hidayani

Novita Hidayani

email: hidayaninovita@gmail.com facebook: Novita Hidayani twitter: @yfoundme

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan