logoblog

Cari

KPID NTB Himbau Orang Tua Dampingi Anak Nonton TV

KPID NTB Himbau Orang Tua Dampingi Anak Nonton TV

Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) NTB menghimbau para orang tua untuk mendampingi anak saat menonton televisi. Hal tersebut tersebut disampaikan

Rupa-Rupa

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
30 April, 2018 15:42:21
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 6171 Kali

Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) NTB menghimbau para orang tua untuk mendampingi anak saat menonton televisi. Hal tersebut tersebut disampaikan Untuk membumikan pedoman perilaku penyiaran dan standar program siaran demi terwujudnya penyiaran yang sehat, Minggu (29/4) pada acara Lomba Mewarnai tingkat PAUD/TK dan SD kelas 1-3 se Kota Mataram.

 

Menurut ketua KPID NTB, Yusron Saudi bahwa orang tua harus mendampingi buah hatinya saat menonton televisi. "Keberadaan bapak, ibu sangat penting dalam memberikan penjelasan saat anak hendak bertanya apa yang sedang mereka saksikan dilayar kaca," jelas ketua KPID NTB yang dilantik (25/4) yang lalu bersama enam orang anggotanya komisioner lainnya.

 

Didepan ratusan orang tua yang tengah mendampingi buah hatinya saat lomba mewarnai yang diselenggarakan Grab Mataram, Ketua KIPD NTB dan anggota komisionernya menyampaikan edukasi  kepada orang tua untuk meminimalisir menonton TV dan mengawasi anak anak dalam memilah dan memilih tontonan. “Tontonan mestinya mengandung konten yang inspiratif dan edukatif,” ujar Yusron Saudi

 

Aktivis dan juga akademisi penyiaran itu juga menekankan pentingnya para orang tua memahami klasifikasi program tayangan yang ada di televisi. Memiliki pengetahuan dan memahami regulasi dalam mengawal dan mengawasi anak-anak menonton siaran televise.

 

"Itu tulisan yang ada di pojok kiri atas TV anda jangan dianggap remeh ya bapak dan ibu, ada penjelasan siaran TV itu untuk ditonton oleh umum, dewasa maupun siaran yang didampingi orang tua, " lanjut Yusron.

 

 

Baca Juga :


Kemudian lanjut Yusron Hadi, Para orang tua harus bisa membedakan mana tontonan yang boleh ditonton anak mana yang tidak. Kepada para orang tua agar melaporkan jika saat menonton tv terdapat tayangan yang mengganggu anak anak kepada KPID NTB.

 

Kerjasama orang tua dengan KPID NTB dalam rangka menghadirkan penyiaran yang layak dan sehat sangat penting dilakukan. Bukan saja orang tua, namun seluruh masyarakat dihimbau agar mengawasi siaran TV dan melaporkan apabila ada tontonan yang dirasa tidak sesuai aturan.

 

KPID NTB periode 2018-2021 akan menitikberatkan peran pengawasan terhadap lembaga penyiaran lokal agar menghadirkan siaran yang ramah, sehat, dan edukatif. Sehingga KPID NTB sangat membutuhkan peran serta masyarakat untuk mengawasi siaran demi terwujudnya masyarakat NTB yang madani.

 

Kegiatan tersebut ditutup dengan berbagai game dan doorprize dengan mengajukan pertanyaan umum tentang KPID NTB. Para siswa dan orang tua antusias menjawab setiap pertanyaan. Terbukti setiap pertanyaan tentang KPID dijawab dengan benar. (Edy)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan