logoblog

Cari

Tutup Iklan

Balap Sepeda TdLM 2018 Suguhi Destinasi Wisata

Balap Sepeda TdLM 2018 Suguhi Destinasi Wisata

Untuk lebih mengeksplorasi destinasi wisata yang ada di pulau Lombok dan mengekspose kemegahan alam sambil memanjakan mata dengan berwisata, Dinas Pariwisata

Rupa-Rupa

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
15 April, 2018 11:19:34
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 2176 Kali

Untuk lebih mengeksplorasi destinasi wisata yang ada di pulau Lombok dan mengekspose kemegahan alam sambil memanjakan mata dengan berwisata, Dinas Pariwisata (Dispar) provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar Tour de Lombok Mandalika (TdLM). Sebuah ajang balap sepeda di jalan raya internasional bekerjasama dengan Uni Cylisye Internasional (UCI).

Kegiatan Tour de Lombok Mandalika (TdLM) 2018 berlangsung pada 13-15 April, diikuti tim balap sepeda baik dalam maupun luar negeri. Event Tour de Lombok Mandalika ini di ikuti oleh 18 tim dari 24 negara, satu tim terdiri dari delapan pembalap.

Mereka  ambil bagian untuk menjajal medan yang ada di pulau Lombok ini. TdLM Tahun 2018 di bagi dalam 3 etape balapan. Semua etape melintasi destinasi wisata yang ada di pulau Lombok. Event ini memperebutkan hadiah sebesar Rp.350 Juta.

 

Etape pertama, Jumat (13/4) star dimulai dari Pantai Kuta Mandalika dan finis di kantor Gubernur NTB dengan jarak 126 Km. Etape kedua, Sabtu (15/4) star dari Islamic Centre finis di Sembalun Lombok Timur dengan jarak 170. Sedangkan Etape ketiga diselenggarakan dalam wilayah Kota Mataram. Star dan Finis di Taman Sangkareang Kota Mataram dengan jarak 112 Km dalam jantung kota, dengan 10 lap dimana  lap 3,6 dan 9 mengutamakan sprint track.

 

Pada etape kedua yang berlangsung Sabtu (15/4) para raider di uji kemampuannya untuk menjajal medan yang menantang dan terjal. Star dari Islamic Centre Kota Mataram menuju finis ke lereng Gunung Rinjani yang terletak di Sembalun  Lombok Timur dengan jarang 160 Km. Para raider dilepas pukul 09.00 melewati rute Udayana Selaparang, Pasar Kebun Roek, jalan dipinggir panatai Senggigi. Sepanjang jalan di sisir pantai Senggigi destinasi pantai yang biru dengan air yang jernih membuat para Rider memacu sepedanya dengan kecepatan tinggi.

Memasuki dan menuju Lombok Utara, meleawti Bangsal menerjal bukit dan jalan terjal area jalan di  Pusuk pembalap tidak terlihat letih untuk memacu sepeda mereka walaupun denagn pelan dan pasti. Menuju Pasar Gunung Sari lewat RSJ Mutiara Sukma, Perempatan Bengkel dan menuju Desa Kediri.

 

Menyisir jalan yang mulus dan tanpa hambatan dengan pengawalan ketat panitia, aparat keamanan sepanjang jalan dengan sambutan penontong menambah performance para pembalap diatas jalalan ini. 1 Km didepan para pembalap mobil aparat keamanan telah menyisir jalan sehingga jauh dari hambatan untuk dilewati para Rider dalam negeri mauapun luag Negeri.

 

 

Baca Juga :


Antusias mayarakat menyaksikan balapan sepeda ini terlihat disepanjang jalan menuju  Lombok Tengah, melewati SMP 1 Praya, Pasar Kopang dan tambah meriah ketika melewati Desa Montong, PKM Masbagik, Aikmal menuju dan menerjal daerah Wanasaba Lombok Timur.

Memasuki daerah menuju daerah Sembalun pembalap disuguhi arena yang menantang dengan tanjakan yang terjal, namun hawa sejuk dan rimbunnya pepohonan menuju puncak Sembalun menyemangati para Raider untuk memacu Sepedanya sampai puncak.

 

Dari atas Puncak menuju desa Sembalun para Rider ini semakin memacu adrenalin mereka karena jalanan menurun setelah melewati puncak Sembalun dengan suguhan bukit dan pegunungan yang indah menuju finis. Keindahan Sembalun semakin meyakinkan mereka bahwa surge kemengangan ada di bawah bukit dicelah bukit kaki Gunung Rinjani.

 

Para Raider memasuki Desa Sembalun dan Finis di depan kantor camat Sembalun dan disambut pemberian penghargaan etape kedua di penginapan Nusantara yang di hadiri Kadis Dinas Pariwisata Provinsi NTB, Lalu M. Faozal, Assisten III Setda Provinsi NTB, Bupati Lombok Timur dan Kapolres Lombok Timur.

 

Menurut Kapala Dinas Pariwisata Provinsi NTB Lalu M. Faozal even TdLM 2018 etape pertama dan kedua berjalan lancar dan sukses. Even sport tourim seperti TdLM menjadi salahsatu promosi positif bagi pariwisata NTB. “Kegiatan ini saya harap dapat mendorong Lombok dan NTB umumnya menjadi destinasi sport tourism berskala internasional,” ujar Faozal

Tour de Lombok Mandalika mampu mendongrak pasar pariwisata termasuk dalam olahraga. Para Rider bisa menikmati jalur yang menantang menikmati mpemandangan indah pantai berpasir putih dan laut biru jernih, hutan rimbun serta perbukitan hijau dan pegunungan. Dengan fasilitas yang memadai dan lengkap TdLM bisa mennjadi magnet bagi para wisatawan untuk berkunjung dan tinggal lama  dan mengekplorasi lebih jauh berbagai destinasi wisata, budaya, kuliner yang ada di pulau seribu masjid ini. (Edy)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan