logoblog

Cari

Tutup Iklan

Semangat Tambora Kebangkitan Sumbawa

Semangat Tambora Kebangkitan Sumbawa

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melalui Dinas Pariwisata (Dispar), menggelar Conferensi Pers tentang Festival Pesona Tambora tahun 2018, Selasa 20/3/18

Rupa-Rupa

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
21 Maret, 2018 15:15:01
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 3060 Kali

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melalui Dinas Pariwisata (Dispar), menggelar Conferensi Pers tentang Festival Pesona Tambora tahun 2018, Selasa 20/3/18 di aula kantor setempat.

Perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov. NTB diundangt untuk menghadiri sosialisasi tentang perhelatan tahunan tersebut. Hadir juga Puluhan media cetak dan elektornik yang ada di NTB.

Kepala Dinas Pariwisata, Lalu M. Faozal dalam kesempatan tersebut menjelaskan Festival Pesona Tambora merupakan event tetap untuk mempromosikan potensi pariwisata Pulau Sumbawa yang terdiri dari Kabupaten Sumbwa, Sumbawa Barat, Dompu, Bima dan Kota Bima dan Sumber Daya Alam Teluk Saleh.

“Kegiatan ini sudah berlangsung selama 2 kali dan tahun 2018 ini merupakan tahun ke tiga di 2003 tahun meletusnya gunung Tambora,” ujar Faozal di depan awak media.

Adapun rangkaian kegiatan Festival Pesona Tambora tahun 2018,  cukup beragam mulai dari Tano Festival diantaranya Barapan Ayam dan Tano Runn oleh Kabuapten Sumbawa Barat (KSB) yang berlangsung 4 April 2018. Kemudian Tambora Chalengge hadir bagi pecinta Marathon yang diselenggarakan 4-11 April 2018.

“Semangat teman-teman KSB cukup tinggi mendukung kegiatan Festival Pesona Tambora tahun 2018, bukan saja teman-teman di Bima, DOmpu dan Sumbawa, namun KSB ikut terlibat langsung pada kegiatan ini,”terangnya.

Kabupaten Sumbawa menawarkan keelokan Istana Dalam Loka, untuk menggambarkan religiusnya kesultanan Sumbawa. Rangkian kegiatan Semalam Dalam Loka ini dikemas dengan pentas seni tradisional, pameran ekonomi kreatif, dialog budaya dan pameran benda-benda pusaka bersejarah NTB pada 6 sampai dengan 7 April 2018.

Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima sebagai pemilik wilayah mengemas apik acara Pesona Festival Tambora dengan beragam acara, Fest in Fest Tambora. Pawai Budaya masyarakat Bima akan memeriahkan rangkian tersebut pada  4 April 2018. Trail Adventure, Festival Kuliner, Cera Labu dan kita akan disuguhi dengan Tambora Coffe Fest sampai dengan 10 April 2018

 

Baca Juga :


Menuju Bima, di gelar rangkian acara Teka Tambora yang didalamnya ada Sakosa Bike Tour, Jelajah Alam Tambora, Dialog Kreatif Infestasi dan Pariwisata Mbojo dai kapal perang yang berlangsung sejak 1 April hingga 9 April 2018.

Rangkian Festival Lawata Fest di Kota Bima, pada 8 April dikemas ada Festival Perahu, Lomba Dayung dan Festival Teluk Bima, sejarah membuktikan masyarakat Bima dikenal sebagai pelaut yang tangguh, sehingga acara ini untuk mengenang ketangguhan pelaut Bima mengarungi lautan.

Keterlibatan seluruh masyarakat NTB dari Pulau Lombok hingga Pulau Sumbawa terlihat memeriahkan kegiatan ini nantinya. Indonesia Rider Jelajah Tambora yang digelar pada tanggal 9-11 April dengan rute Start Etape 1 mulai dari kantor bupati lombok barat sampai pada Finish Etape 1 di pelabuhan kayangan lombok timur.

Start Etape 2 mulai dari pelabuhan poto tano melewati Alas-Utan Rhee Sumbawa Besar sehingga finishnya di kantor bupati sumbawa. Terakhir start Etape 3 mulai dari kantor Bupati Sumbawa melewati Plampang-Empang-Kempo, finishnya di doro Ncanga, kawasan khaki Tambora.

Sebagai acara puncak pelaksanaan  Festival Pesona Tambora tahun 2018, akan digelar di wilayah gunung Tambora Kabupaten Bima dan Dompu. Keragaman dan kekayaan destinasi wisata yang mengelilingi gunung tambora menjadi latar belakang tema festival tambora tahun ini”Tambora Challenge The Word”

“Dengan acara Festival Pesona Tambora pada tahun ini setidaknya memiliki dampak positif dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat sekitarnya dengan keterlibatan masyarakat secara langsung, Semangat Festival Pesona Tambora tahun 2018 kebangkitan Pulau Sumbawa ”Jelas Fauzal. (Edy/San)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan