logoblog

Cari

Tutup Iklan

Anggaran Festival Pesona Bau Nyale Akan Ditingkatkan

Anggaran Festival Pesona Bau Nyale Akan Ditingkatkan

Sektor Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) saat ini menjadi perhatian khusus pemerintah pusat. Berbagai kegiatan dan event Nasional dan bahkan

Rupa-Rupa

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
20 Maret, 2018 12:08:32
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 3740 Kali

Sektor Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) saat ini menjadi perhatian khusus pemerintah pusat. Berbagai kegiatan dan event nasional dan bahkan internasional seringkali digelar di NTB.

Saat rangkian pergelaran event Festival Pesona Bau Nyale tahun 2018,  yang berlangsung sejak tanggal 20 Februari hingga 6 Maret 2018 lalu,  Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Esthy Reko Astuti dalam sambutannya pada malam puncak, mengatakan bahwa pemerintah pusat melalui Kemenpar, memberikan perhatian penuh terhadap Festival Pesona Bau Nyale..

"Pemerintah Pusat melaui Kemenpar, akan memberikan perhatian khusus dan melakukan pendampingan terhadap kegiatan yang mengangkat dunia pariwisata agar event ini lebih profesional," kata Esthy Reko Astuti.

 

Bahkan menurut Esthy Reko Astuti, apabila kegiatan ini sukses dan mampu mendongkrak kunjungan wisata, tidak menutup kemungkinan di tahun depan anggaran kegiatan dari pemerintah pusat akan ditingkatkan.

“Kemenpar menginginkan penyelenggaraan Festival Pesona Bau Nyale dapat mendongkrak kunjungan wisatawan dari dalam negeri dan luar negeri ke Nusa Tenggara Barat (NTB), bila ini terjadi kami akan meningkatkan anggarannya tahun depan,” jelasnya.

Di NTB sendiri ada empat event yang masuk kalender, yakni Festival Pesona Bau Nyale, Festival Tambora, Festival Lombok - Sumbawa dan Festival Moyo. Sedangkan ada 12 rangkaian kegiatan yang ada pada Festival Pesona Bau Nyale 2018.

 

Baca Juga :


Rangkian pergelaran event Festival Pesona Bau Nyale tahun 2018 berlangsung meriah. Ribuan masyarakat memadati malam puncak kegiatan yang menjadi agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah dan Pemerintah Provinsi NTB ini. Festival Pesona Bau Nyale tahun ini digelar di pantai Seger Lombok Tengah, Selasa (6/3/2018) lalu.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Pemprov NTB Rosiady Sayuti mengatakan, masuknya Festival Pesona Bau Nyale ke dalam kalender event pariwisata nasional membuat gaung dari festival ini semakin tersiar hingga ke nasional dan juga internasional.

"Mudah-mudahan dengan kerja sama yang baik, festival ini akan lebih banyak lagi menarik minat pengunjung kita, tak hanya dari nasional tapi dari internasional," ujar Rosiady.

Malam puncak Festival Pesona Bau Nyale tahun 2018 dihadiri oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Esthy Reko Astuti, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi NTB, Ir.H.Rosyadi Sayuti, Kepala Dinas Pariwisata NTB, HL Muh Faozal, PLT Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri dan puluhan undangan lainnya.

Kemenpar telah menetapkan Festival Pesona Bau Nyale bagian dari 100 event nasional yang ditetapkan dalam Kalender Pariwisata Indonesia 2018.  Bau Nyale adalah sebuah tradisi menangkap nyale atau cacing laut yang banyak dilakukan oleh penduduk Lombok yang berdomisili di bagian selatan, namun seiring dengan berkembangnya kepariwisataan di Nusa Tenggara Barat, tradisi ini menjadi salah satu icon pariwisata yang mampu menarik banyak minat wisatawan. Nyale selalu muncul dua hingga tiga malam, tepatnya saat sebelum fajar menyingsing.

Bau Nyale atau menangkap cacing laut merupakan sebuah tradisi yang sangat melegenda dan mempunyai nilai sakral tinggi bagi penduduk asli Pulau Lombok yakni Suku Sasak. Pesta Bau Nyale ini erat kaitannya dengan sebuah cerita rakyat yang berkembang tentang hikayat seorang putri cantik bernama Mandalika.(Edy)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan