logoblog

Cari

Tutup Iklan

Inspiratif Expo Gaungkan Kampung KB

Inspiratif Expo Gaungkan Kampung KB

Meski telah dicanangkan sejak tahun 2016, ternyata masih banyak masyarakat yang belum tahu apa itu program Kampung KB. Tak banyak juga

Rupa-Rupa

Novita Hidayani
Oleh Novita Hidayani
11 Maret, 2018 12:55:47
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 3349 Kali

Meski telah dicanangkan sejak tahun 2016, ternyata masih banyak masyarakat yang belum tahu apa itu program Kampung KB. Tak banyak juga yang tahu bahwa program ini mampu mewujudkan keluarga kecil berkualitas dan ampuh menanggulangi berbagai permasalahan seperti kemiskinan,maraknya pernikahan dini, berbagai permasalahan remaja lainnya. 

Hari ini (11/3), Insipiratif Expo hadir dengan tema membangun negeri melalui kampung KB. Sosialisasi mengenai kampung KB langsung disampaikan oleh Kepala BKKBN provinsi NTB Dr. Lalu Makripuddin, M.Si. Dalam sosialisasinya, beliau meminta seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah untuk bekerjasama mensukseskan kampung KB yang telah dan masih akan terbentuk di provinsi NTB ini. 

"Hingga tahun 2018 ini, ada 126 kampung KB yang tersebar di hampir seluruh Kabupaten dan kota Seprovinsi NTB. Semoga programnya dapat bekerja dengan maximal dan hasilnya pun maximal," Jelas Dr. Lalu Makripuddin, M.Si, di atas panggung Inspiratif Expo. 

Selain itu, ada juga suguhan stand-stand dari kampung KB seperti Desa Jango Kecamatan Janapria Lombok Tengah, Dusun Telagawaru Kecamatan Labuapi Lombok Barat, dan beberapa Kampung KB lainnya di pulau Lombok. Stand-stand ini menampilkan produk-produk yang dihasilkan oleh kampung KB masing-masing, serta menceritakan keberhasilan apa saja yang telah dicapai.

"Di Dusun Telaga Waru, salah satu kampung KB di Lombok Barat telah berhasil menekan angka pernikahan dini. Yang awalnya bisa mencapai 4 sampai 5 kasus dalam setahun, sekarang baru satu kasus saja terjadi. Kampung KB juga memiliki banyak program lain seperti MKJM,  BKB, BKL, BKR, PIK R, yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat, " jelas Sri Orbayani, salah seorang penyuluh KB di desa tersebut sembari menunjukan produk kerajinan tangan hasil program BKB.

Turut hadir Duta Genre Nasional asal Lombok, Baiq Mega Hikmah, yang ikut menggaungkan virus Generasi Remaja Berencana atau GenRe dan kampanye anti pernikahan dini kepada para penonton Inspiratif Expo yang mayoritasnya terdiri dari anak muda. 

 

Baca Juga :


"Pokoknya mari kita katakan tidak pada pernikhan dini dan mengutamakan sekolah agar masa depan kita menjadi lebih baik!" seru gadis cantik yang merupakan mahasiswa Fakultas Komunikasi Unram tersebut.

Dihadiri Sekda NTB Ir.Rosyadi H. Sayuti  M.Sc, Ph.D, Kabid Advokasi Penggerakan dan Informasi erwakilan BKKBN Prov. NTB - Drs. Samsul Anam, M.Ph, Kepala BKKBN provinsi NTB Dr. Lalu Makripuddin, M.Si, Kepala Dinas Kominfotik NTB Drs.Tribudi Prayitno M.Si, dan beberapa perwakilan  UPTD lainya, Inspiratif Expo kali ini berjalan dengan sangat meriah. 

Ditambah dengan hiburan yang penuh edukatif dari wayang cilik Rahardian Reno Wardana, cucu dalan lalu Nasib asal Lombok Barat. Fokustik band dari Bunda Menejemen, serta penampilan menghibur dari SMAN 8 Mataram.

"Ini pertama kali saya nonton Inspiratif Expo, keren sekali acaranya, wayang cilik tadi itu lucu sekali. Saya juga jadi banyak belajar tentang pernikahan dini dari mbak Mega tadi. Kerenlah pokoknya," ujar Putri Andriani, siswi SMAN 8 Mataram sebelum Inspiratif expo berakhir. (nov/luk)



 
Novita Hidayani

Novita Hidayani

email: hidayaninovita@gmail.com facebook: Novita Hidayani twitter: @yfoundme

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan