logoblog

Cari

Tutup Iklan

Banjir Durian Di Mataram

Banjir Durian Di Mataram

Durian merupakan buah yang tergolong mahal. Aromannya yang tajam dan menyengat, membuat buah berduri tajam ini kadang tidak disukai sebagian orang.

Rupa-Rupa

KM. Abiantubuh
Oleh KM. Abiantubuh
06 Maret, 2018 07:24:18
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 2975 Kali

Durian merupakan buah yang tergolong mahal. Aromannya yang tajam dan menyengat, membuat buah berduri tajam ini kadang tidak disukai sebagian orang. Konon orang bule pun tak suka dengan buah bernama Inggris pineapple ini. Di dalam sebuah artikel yang bisa kita lihat di link ini  https://manfaat.co.id/manfaat-buah-durian , terdapat informasi bahwa durian memilik banyak sekali manfaat bagi kesehatan di antaranya  adalah : Satu cangkir durian mengundang protein sebanyak 3,6 gram atau mencukupi kebutuhan harian protein sekitar 6,4 persen menjadi 7,8 persen. Dalam durian terdapat , Vitamin dan Mineral, Zat besi dan tembaga, Kalium, TrIptopan, Tiamin dan lain lain. Meskipun begitu penyuka durian juga harus memperhatikan dampak negatifnya, durian tidak boleh bagi orang yang memiliki penyakit diabetes, penyakit jantung, dan penyakit darah tinggi. Selain itu  ibu hamil juga tidak boleh mengkonsumsi durian secara berlebihan.

Jika beberapa bulan yang lalu durian harganya melonjak, saat ini harga durian sudah turun dan cukup terjangkau. Sebelumnya, durian ukuran kecil harganya bisa 60 ribu rupiah ke atas. Itupun susah sekali di tawar. Saat harganya mahal, banyak pedagang durian mengeluhkan sepinya pembeli. “Banyak yang datang melihat dan menanyakan harga, tapi mereka berbalik setelah tahu harganya mahal” kata salah seorang pedagang di sekitar arena buah. Yang berjualan pun sangat terbatas. Waktu itu salah seorang pedagang bercerita bahwa durian sedang gagal panen. Sekarang lain cerita, durian diobral karena produksi berlimpah

Durian banyak berproduksi di wilayah Lombok Barat dan Kabupaten Lombok Utara (KLU). Di Lombok Barat, pohon durian banyak tumbuh di sekitar wilayah Narmada dan dan di sepanjang hutan lindung. Begitu juga di KLU, durian banyak tumbuh di sekitar kaki gunung wilayah Lombok Utara. Jika sedang berproduksi banyak, kita akan menemukan penjual durian membentuk pasar kaget di berbagai tempat. Di perbatasan Mataram dan Lombok Barat, setelah simpang empat di rumah sakit jiwa menuju wilayah Narmada, di arena buah Cakranegara, di taman Ampenan dan di banyak lokasi lainnya anda akan menemukan penjual durian dadakan. Tidak hanya itu, durian juga dijajakan ke kampung-kampung, dan kantor-kantor pemerintah

Raja’i, salah seorang pedagang durian di Abiantubuh menagatakan, saat ini ia kebanjiran order. Dia juga salah satu penjual durian dadakan yang katanya mendapat kiriman durian dari Lombok Utara. Sehari-harinya Raja’i mengajar di madrasah NW Karang Bata. Ia mempromosikan jualannya melalui media sosial facebook. Saat ini durian memang sedang banjir.

 

Baca Juga :


 

 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan