logoblog

Cari

Tutup Iklan

Nikmatnya Makan Di Sawah

Nikmatnya Makan Di Sawah

KM-RENSINGBAT_www.rensingbat.desa.id_Suasana alam pedesaan memang sesuatu yang mengasyikkan, Alam yang masih bersih dari polusi udara tidak seperti kehidupan kota yang penuh dengan

Rupa-Rupa

KM_Rensing Bat
Oleh KM_Rensing Bat
05 Maret, 2018 11:33:11
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 30498 Kali

KM-RENSINGBAT_www.rensingbat.desa.id_Suasana alam pedesaan memang sesuatu yang mengasyikkan, Alam yang masih bersih dari polusi udara tidak seperti kehidupan kota yang penuh dengan hiruk pikuknya keramain.

Satu hal yang tidak akan kita jumpai di kota ketika menjadi petani dan buruh tani yaitu,
Makan bersama para pekerja di pematang sawah, yang dilakukan di sela-sela pekerjaan sawah seperti Ngome di musim padi, Bau Mako di musim tembakau, ngerampek di musim panen padi, Nambah di saat pengolahan tanah dan banyak lagi jenis pekerjaan sawah adalah salah satu kegiatan yang lazim dilakukan, meskipun tidak semua pemilik sawah memberi konsumsi pada pekerja, tergantung pada perjanjian sebelumnya.

Pemilik sawah biasanya menyiapkan makanan lebih awal, bahkan sejak sehari sebelumnya, karena jika dibuat mendadak maka akan cukup merepotkan. Kegiatan pekerjaan sawah sendiri terkadang melibatkan banyak orang bagi mereka yang areal persawahannya luas, yang direkrut dari para tetangga ataupun orang lain dari luar Desa  yang sudah biasa mengerjakan pekerjaan di sawah.

Makanan yang sudah siap di masak diletekkan pada tempat yang besar yang diberi nama ‘Keraro’ (bahasa sasak) yang di lengkapi pinggan, mangkok, sendok dan kebutuhan-kebutuhan lainnya dan diantar kesawah dimana para pekerja melakukan pekerjaan.

Menu sarapan para pekerja umumnya mengikuti kelaziman yang sudah biasa berlaku, dengan harapan dapat menambah semangat dan tenaga mereka yang sedang giat bekerja. Jenis hidangan yang biasa dihidangkan oleh para pemilik sawah di Desa Rensing Bat misalnya, di antaranya terdiri atas nasi, ayam goreng, tempe, sambal, Sayur Bening, ikan goreng dan lain-lain mengikut selera si
Empunya sawah atau orang yang menyiapkan konsumsi. Pemberian konsumsi pun pada dasarnya tidak berkaitan langsung dengan penghitungan upah pekerja.

mengolah makanan di atas tungku tradisional dan/atau kompor gas agar lebih cepat pemrosesannya. Kegiatan memasak dilakukan mulai sebelum subuh, hingga di pagi hari. Jam makan para pekerja tak boleh sampai kesiangan, karena sarapan pagi sangat penting untuk aktivitas berat mereka di sawah.

Penyediaan antaran makanan untuk para pekerja di sawah merupakan hal yang lazim di Desa Rensing Bat. Tradisi yang sudah dilakukan turun-temurun tersebut membawa nilai-nilai kearifan lokal yang mengeratkan hubungan sesama anggota masyarakat.

 

Baca Juga :


Warga Desa Rensing Bat Kecamatan Sakra Barat misalnya, masih kukuh memegang tradisi antaran makanan sebagai sebuah sedekah suatu hal yang baik dan harus diutamakan, meskipun tidak wajib dilakukan. Sedekah adalah tentang keyakinan yang dilandaskan pada keimanan kepada Allah SWT, bukan semata-mata mengenai perjanjian kerja di antara sesama manusia saja.

Pemberian makanan pada mereka yang mengerjakan pekerjaan sawah akan mendatangkan tenaga, semangat dan do’a dari para pekerja. Do’a-do’a tersebut yang diharapkan akan membuat tanaman yang ditanam mendapatkan hasil yang melimpah.

Kegiatan makan bersama di sawah juga sebagai ajang silaturrahmi antar sesama yang selalu diwarnai suasana akrab, dibarangi dengan kegembiraan dan canda tawa di antara semua pekerja dan pemilik.

Mungkin bagi mereka yang belum pernah merasakan jadi petani merasa jijik makan di sawah yang kotor dan banyak hewan yang mungkin dianggap sebagian orang menjijikkan, Tapi persangkaan itu ternyata diluar harapan banyak orang selain petani.

Nikmatnya di sini ketika saat mau menyantap makanan  dengan tangan dan kaki dan baju kotor  serta sekedar cuci tangan di kalen (Jelinjing dalam bahasa sasak) atau genangan air di sawah yang menurut banyak orang mungkin banyak kotoran yang merugikan kesehatan. a_m

poto oleh : Sri Nurbayani Maisyuroh ()



 
KM_Rensing Bat

KM_Rensing Bat

Desa Rensing Bat berbatasan dengan Kabupaten lombok tengah yang merupakan desa paling barat di Kecamatan Sakra Barat setelah Desa Sukarara. IBRAHIM ARIFIN, HP.087763052575, WA.087758488407 (penulis)

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan