logoblog

Cari

Tutup Iklan

5 Gerhana Akan Terjadi Di Tahun 2018

5 Gerhana Akan Terjadi Di Tahun 2018

BMKG memprediksi akan terjadi lima kali gerhana, baik gerhana matahari dan bulan, sepanjang tahun 2018 ini (Press Release 22/1). Gerhana ini

Rupa-Rupa

Novita Hidayani
Oleh Novita Hidayani
23 Januari, 2018 15:45:28
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 1607 Kali

BMKG memprediksi akan terjadi lima kali gerhana, baik gerhana matahari dan bulan, sepanjang tahun 2018 ini (Press Release 22/1). Gerhana ini beberapa diantaranya dapat dilihat di Indonesia, dan beberapa diantaranya hanya dapat dilihat di wilayah tertentu belahan dunia lainnya.

Gerhana tersebut diantaranya, 1. Gerhana Bulan Total (GBT) 31 Januari 2018 yang dapat diamati dari Indonesia, 2. Gerhana Matahari Sebagian (GMS) 15 Februari 2018 yang tidak dapat diamati dari Indonesia, 3. Gerhana Matahari Sebagian (GMS) 13 Juli 2018 yang tidak dapat diamati dari Indonesia, 4. Gerhana Bulan Total (GBS) 28 Juli 2018 yang dapat diamati dari Indonesia, dan 5. Gerhana Matahari Sebagian (GMS) 11 Agustus 2018 yang tidak dapat diamati dari Indonesia.

Gerhana Bulan adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya. Adapun Gerhana Matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi dan selalu terjadi pada saat fase bulan baru.

 

Baca Juga :


“Sayang ya gerhana mataharinya gak bisa dilihat dari Indonesia, tapi tetap exited nunggu gerhana bulan nanti jadi gelap ya hahaha,” komentar, Wahyu Setiawati, salah seorang mahasiswa pasca sarjana. (nov)



 
Novita Hidayani

Novita Hidayani

email: hidayaninovita@gmail.com facebook: Novita Hidayani twitter: @yfoundme

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan