logoblog

Cari

Tutup Iklan

Junaidin : Kawasan Lambitu Layak Dijadikan Objek Ekowisata

Junaidin : Kawasan Lambitu Layak Dijadikan Objek Ekowisata

Desa Sambori Kecamatan Lambitu Kabupaten Bima merupakan salah satu dari sekian desa yang ada di kabupaten Bima yang memiliki potensi yang

Rupa-Rupa

Hamjah Diha
Oleh Hamjah Diha
22 Januari, 2018 09:49:42
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 4406 Kali

Desa Sambori Kecamatan Lambitu Kabupaten Bima merupakan salah satu dari sekian desa yang ada di kabupaten Bima yang memiliki potensi yang layak untuk dijadikan objek ekowisata. Hal itu di ungkapkan oleh Junaidin, M. Pd pada saat diskusi tentang Ketahanan Budaya/Kearifan Lokal MADASUSA pada hari Sabtu, (20/01/2018).  Diskusi itu dilaksanakan di Aula kantor Desa Sambori.

“Pengembangan kedepan Masyarakat Adat Suku Sambori (MADASUSA) disamping sebagai daerah ekowisata, juga akan direncanakan adanya Apotik Hidup untuk Klinik HERBAL MADASUSA, juga dikembangkan sebagai laboratorium alam sebagai tempat praktek siswa maupun mahasiswa,” ungkap Junaidin mahasiswa program Doktor GEOGRAFI Universitas Negeri Malang itu.

Di samping dijadikan objek ekowisata, kawawan Lambitu juga memiliki local wisdom yang harus dipertahankan. Pasalnya, nilai-nilai itu sudah mulai pudar di masyarakat Bima (dou Mbojo).

“Di Lambitu ini masih mempertahankan budaya-budaya local, semacam budaya weha rima/gotong royong (barter. pen), masih taat kepada adat, tokoh Agama, serta budaya mufakatnya masih melekat pada mereka,” ungkap akademisi UM Mataram itu.

 

Baca Juga :


(Hamjah Diha)



 
Hamjah Diha

Hamjah Diha

Adalah warga kampung Diha-Sie Kecamatan Monta Kabupaten Bima. https://hamjahdiha.or.id dan https://hamjahdihafoundation.blogspot.co.id

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan