logoblog

Cari

Tutup Iklan

Study Banding Cara Memantapkan Konsep Pokdarwis

Study Banding Cara Memantapkan Konsep Pokdarwis

Beberapa hari yang lalu, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Tanak Pemangket melakukan kunjungan study banding. Adapun wisata Desa yang dikunjunginya adalah

Rupa-Rupa

Lilwalidaini ihsan
Oleh Lilwalidaini ihsan
17 Januari, 2018 12:37:06
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 227 Kali

Beberapa hari yang lalu, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Tanak Pemangket melakukan kunjungan study banding. Adapun wisata Desa yang dikunjunginya adalah salah satunya wisata Desa Masmas yang dikelola oleh salah satu anggota Kampung Media biasa disebut KM Kaula yaitu H.Habiburrahman.

Masmas termasuk salah satu Desa yang ada di Kecamatan Batukliang Utara dengan Desa Tanak Beak dengan jumlah delapan Desa. Wisata ini sebenarnya sudah berkembang pesat sampai termasuk menjadi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) terbaik seluruh Indonesia pada bulan November yang lalu.

Selanjutnya kita berkunjung menuju ke Pokdarwis yang ada di Lembar Kecamatan Gerung Lombok Barat tepatnya dipantai Cemare. Pengelolanya yaitu Mus’ab yang sempat kuliah di Universitas 45 Mataram. Di sana sangat terbuka bercerita berbagai pengalaman dalam dunia pariwisata.

Dua wisata Desa yang kita kunjungi hampir sama dengan konsep di Pokdarwis Desa Tanak Beak pemangket yaitu Eko Wisata sebagai salah satunya wisata Alam Buah Naga yang ada di Dusun Kebun Indah (DKI) yang akan menjadi Ikon Desa Tanak Beak kedepan. Bukan hanya itu, kita masih berjuang mengembangkan potensi wisata yang ada di masing-masing Dusun Tanak Beak agar beragam, sehingga pengunjung tidak jenuh dengan banyak pilihan paket wisata nanti.

Banyak cerita dan pengalaman yang bisa kita adopsi dari mereka. Harapan kedepan tentu semoga hal ini bisa berjalan dengan baik. Walaupun dengan banyak tantangan yang dihadapi kita tidak pernah surut pantang mundur dan tetap berjalan dengan sumberdaya manusia yang ada dan potensi desa yang saat ini sudah berjalan.

 

Baca Juga :


Soal tujuan setidaknya kesejateraan di Desa itu ada tercipta. Walupun sekarang ini Desa memiliki anggaran yang lumayan banyak untuk pembangunan desa. Kita tidak berharap itu, hanya saya kita ingin mandiri tidak ingin tergantung sama pihak Desa.

Kondisi seperti itu tidak terlepas dari pemerintah Desa bagaimana hubungan antara Pokdarwis dengan Desa Tanak Beak komunikasi tetap berjalan dengan baik. Apalagi dengan keikutsertaan kepala desa Tanak Beak Maknun, itu salah satu bentuk dukungan terhadap Pokdarwis. Tentu kedepan selalu membutuhkan support dukungan ide atau gagasan atau yang lainnya agar keberlangsungan wisata Desa ini tetap berjalan.

(San)



 
Lilwalidaini ihsan

Lilwalidaini ihsan

Nama Lilwalidaini ihsan Panggilan Ichan Alamat Dasan Agung Tanak Beak Lombok Tengah Hobi Menulis & Fotografi Email lilwaihsan@gmail.com Wa 082 340 181 425 Exis 083 129 790 828 "Jangan Lupa Komunikasi & Koordinasi Sebelum Bertindak"

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan