logoblog

Cari

Tutup Iklan

Ini Dia Tempat Unik Berburu “tengkong” Di Lombok

Ini Dia Tempat Unik Berburu “tengkong” Di Lombok

Tengkong atau jamur dalam Bahasa sasak menjadi salah satu jenis makanan yang memiliki penggemar tidak sedikit. Suami saya salah satu fansnya.

Rupa-Rupa

Rohani Inta Dewi
Oleh Rohani Inta Dewi
17 Januari, 2018 11:12:48
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 22899 Kali

Tengkong atau jamur dalam Bahasa sasak menjadi salah satu jenis makanan yang memiliki penggemar tidak sedikit. Suami saya salah satu fansnya. Jamur ini pada umumnya diolah secara beragam untuk dijadikan lauk: pepes, tumis, atau di crispy. Biasanya yang ingin menikmati jamur ini, membelinya di tempat budidaya jamur atau di pasar.

Tapi, ada satu tempat yang antimainstream dan memiliki beragam keunikan-keunikan diluar dari keumuman. Bagi yang tak sabar untuk segera mengetahui tempatnya dimana, calm down. Sebelum saya membeberkan tempatnya, saya akan membagi beberapa keunikannya. Menjadi alasan kenapa tempat ini layak dikunjungi para jamur seeker, check it out:

Pertama, jualannya hanya satu kali setahun. Kebayang kan betapa langka jenis penjual seperti ini, seolah tak butuh materi, lebih ke eksistensi. Ditempat ini para penjualnya hanya muncul pada saat musim jamur saja yaitu pada saat musim hujan. Dimusim-musim lain kita tidak akan bisa ketemu dengan mereka. So sensasi bertransaksi jamur akan anda rasakan hanya satu kali dalam 12 bulan, itupun kalau beruntung. Unik kan!

Kedua, jamurnya hasil perburuan. Jenis jamur yang dijual hanya jamur tradisional hasil berburu dikebun-kebun dan sawah. Tidak hasil budidaya. Orisinil. Dan jenis jamur ini diyakini rasanya jauh lebih enak dari jamur budidaya. Pernah coba?Saya pernah. Bahkan pernah jadi pemburu jamur disaat kecil dulu. Dan betul rasanya maknyooss.

Ketiga, wadahnya dari piring legend. Piring jenis lama yang terbuat dari besi jenis alluminium, masyarakat sasak sering menyebutnya pering besi atau cempreng. Saat ini ditempat-tempat makan terkenal dikota besar seperti yogyakarta, banyak yang menggunakan piring jenis ini, untuk wadah atau sekedar jadi pajangan di dinding. Dikarenakan ini barang lama, tentu menyuguhkan keunikan dan khas tersendiri.

 

Baca Juga :


Well, bagi yang dari tadi tak sabar mengetahui tempatnya dimana, dan mungkin ingin segera menuju kesana merasakan hal baru di tahun baru. Para pecinta tengkong yang budiman, mencari sensasi unik jual beli jamur di Lombok hanya bisa anda temukan di sekotong, kabupaten Lombok Barat. Sekotong ternyata tidak hanya menyuguhkan keindahan alam dan pantai untuk dinikmati, tapi juga keunikan-keunikan aktivitas masyarakatnya.

Kalau datang dari arah mataram, lokasinya pada saat turunan jurang gerepek, tepat disebelah kiri jalan, anda akan menemukan para inaq-inaq penjual tengkong berjejeran. Selamat berburu, selamat mencoba dan selamat menikmati!



 
Rohani Inta Dewi

Rohani Inta Dewi

A wife|long life learner|book lover|writer| email: hanydewi09@gmail.com FB: rohani inta dewi twitter: @hanydewi09 instagram: rohaniintadewi

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan