logoblog

Cari

Tutup Iklan

Masyarakat Sambori Gelar Seminar Kearifan Lokal

Masyarakat Sambori Gelar Seminar Kearifan Lokal

Untuk mengembangkan sekaligus mempertahankan kearifan lokal atau budaya lokal yang ada di kabupaten Bima, Junaidin, M. Pd beserta masyarakat Sambori kecamatan

Rupa-Rupa

Hamjah Diha
Oleh Hamjah Diha
16 Januari, 2018 13:50:42
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 4822 Kali

Untuk mengembangkan sekaligus mempertahankan kearifan lokal atau budaya lokal yang ada di kabupaten Bima, Junaidin, M. Pd beserta masyarakat Sambori kecamatan Lambitu menggagas kegiatan seminar. Seminar yang bertemakan “Ketahanan Budaya/Kearifan Lokal Masyarakat Adat Suku Sambori” itu di gelar di kantor desa Sambori 20 Januari 2018.

Kegiatan ini, digagas untuk mengajak masyarakat secara aktif melakukan upaya konservasi sumberdaya alam melalui wisata alam. “Partisipasi masyarakat lokal ini bisa menjadi key poit dalam mengembangkan ecotourism sekaligus dapat memotivasi mereka untuk lebih bertanggung jawab terhadap pemiliharaan serta pelestariaan alam serta budayanya,” tutur mahasiswa program Doktor Universitas Negeri Malang ini.

Akademisi Universitas Muhammadiyah Mataram itu, melihat bahwa di desa Sambori memiliki potensi etnotourusm yang cukup beragam. Hal itu bisa dikembangkan menjadi destinasi pariwisata alam. “Keindahan alam dan keanekaragaman adat dan budaya daerah merupakan modal dasar yang dapat dikembangkan menjadi produk wisata yang menarik bagi wisatawan,” ungkapnya.

Potensi-potensi tersebut, lanjutnya, harus dipromosikan secara masif oleh semua pihak, baik itu masyarakat setempat maupun pemerintah.

“Saatnya semua pihak bergerak melakukan promosi dengan menawarkan suasana yang kondusif serta fasilitas dan infrastruktur yang memadai untuk menuju ke lokasi objek wisata di Kabupaten Bima, peran pemerintah Kabupaten Bima sangat diharapkan dalam hal ini,” lanjutnya.

 

Baca Juga :


Dalam kegiatan tersebut, hadir sebagai pemateri, yakni Zulherman, selaku akademisi STKIP Taman Siswa, Muhtar selaku kepala desa Sambori, Abdillah sekalu tokoh adat sambori, serta Junaidin yang selaku pengagas kegiatan tersebut.

 

(Hamjah Diha)



 
Hamjah Diha

Hamjah Diha

Adalah warga kampung Diha-Sie Kecamatan Monta Kabupaten Bima. https://hamjahdiha.or.id dan https://hamjahdihafoundation.blogspot.co.id

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan