logoblog

Cari

Tutup Iklan

Bijak Bermedia Sosial Tanpa Cyberbullying

Bijak Bermedia Sosial Tanpa Cyberbullying

Era digital memberikan berbagai keuntungan bagi masyarakat namun terdapat juga berbagai kerugian teknologi digital, diantaranya adalah merebaknya kekerasan di dunia digital.

Rupa-Rupa

Nadya Elya
Oleh Nadya Elya
12 Januari, 2018 15:31:13
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 4261 Kali

Era digital memberikan berbagai keuntungan bagi masyarakat namun terdapat juga berbagai kerugian teknologi digital, diantaranya adalah merebaknya kekerasan di dunia digital. Cyber bullying adalah kekerasan yang kerap kali terjadi di media sosial. Yang menghawatirkan adalah anak-anak dan remaja  menjadi sasaran cyberbullying ini.

Cyberbullying merupakan tindakan kekerasan yang terjadi oleh seseorang dengan cara mengintimidasi, menghina, mengejek bahkan mempermalukan orang lain melalui media internet atau telepon seluler.

Pemberian nama negatif kepada seseorang yang menjurus pada label buruk terhadap seseorang merupakan salah satu bentuk cyberbullying. Cyberbullying dilakukan dengan menguntit seseorang di dunia maya dan hal tersebut semakin mengkhawatirkan karena dapat menjurus sampai dunia nyata selain itu mempublikasikan data personal orang lain sampai dengan menyebarkan foto dan video seseorang yang bertujuan membalas dendam. tindakan ini biasanya dibarengi dengan pemerasan dan intimidasi

Lingkungan sosial mendorong anak dan remaja untuk bergelut dengan teknologi digital khusunya media sosial. Media sosial bukan lagi menjadi hal yang tabu. Dinamika teknologi yang cepat dan trend media sosial membuat masyarakat semakin mudah mengakses banyak hal. Kemudahan tersebut menjadi semakin maraknya cyberbullying.

Unicef merilis data tahun 2016 tentang cyber bullying ,di Indonesia 46 persen remaja mengalami cyber bullying. Kasus cyberbullying kembali menjadi perbincangan pada tahun 2017. Meningkatnya akses media sosial membuat kasus cyber bullying kembali mencuat pada tahun 2017.

 

Baca Juga :


Maraknya kekerasan dalam media digital menuntut masyarakat harus benar-benar hati-hati dalam bermedia sosial . Anak-anak harus butuh pengawasan orang tua dalam menggunakan media sosial. Remaja harus dapat memanfaatkan media sosial dengan baik. Semua kalangan harus bijak bermedia sosial

Sumber foto: gfycat(dot)com []



 
Nadya Elya

Nadya Elya

Proud Indonesian, Worker by day email : nadyaelyanp@gmail.com

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan