logoblog

Cari

Tutup Iklan

Menelisik Arti Kata Cemburu

Menelisik Arti Kata Cemburu

Semua orang pasti pernah cemburu, tapi pernahkan kata cemburu benar-benar dipahami maknanya? Arti kata cemburu sendiri dalam KKBI memeiliki makna:

Rupa-Rupa

Novita Hidayani
Oleh Novita Hidayani
09 Januari, 2018 09:27:07
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 12017 Kali

Semua orang pasti pernah cemburu, tapi pernahkan kata cemburu benar-benar dipahami maknanya? Arti kata cemburu sendiri dalam KKBI memeiliki makna:

  1. merasa tidak atau kurang senang melihat orang lain beruntung dan sebagainya; sirik
  2. kurang percaya; curiga (karena iri hati)

Sementara Knox (dalam Caroll, 2005) mendefinisikan kecemburuan (jealousy) sebagai suatu reaksi emosional terhadap suatu hubungan yang dirasakan terancam hilang. Salovey (1991) kemudian menambahkan bahwa kecemburuan merupakan suatu pengalaman emosi ketika seseorang merasa terancam hilangnya suatu hubungan yang penting atau bermakna dengan orang lain (pasangannya) terhadap ”rival” atau saingannya.

Sementara itu psikolog Gordon Clanton (dalam Buss, 2000) mendefinisikan kecemburuan sebagai suatu perasaan yang tidak menyenangkan, yang mengekspresikan ketakutan akan kehilangan pasangan atau ketidaknyamanan atas suatu pengalaman nyata ataupun pengalaman imaginasi terhadap pasangannya yang membentuk hubungan dengan pihak atau orang ketiga. Martin Daly dan Margo Wilson (dalam Buss 2000) mendefinisikan kecemburuan sebagai suatu keadaan (state) yang terbangkitkan oleh suatu ancaman yang dirasakan terhadap suatu hubungan, yang kemudian memotivasi munculnya perilaku yang bertujuan untuk membalas kecemburuan tersebut.

Berdasarkan penjelasan terebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kata cemburu sebenarnya tidak hanya bisa digunakan untuk mengekspresikan rasa ketidaksukaan melihat pasangan bersama orang lain, tetapi bisa juga dipergunakan untuk mengungkapkan rasa iri terhadap orang. Demikian penjelasan mengenai kata cemburu.

 

Baca Juga :


Tak ada salahnya bukan? Mengulas arti kata-kata supaya kita bisa memahami dengan baik, tidak hanya kata cemburu saja. Akan sangat bermanfaat jika kata-kata yang lain juga bisa kita pahami dengan baik maknanya dan bisa menggunakan pada penempatan yang baik pula. Sebagai penulis, tentunya hal ini adalah wajib dilakukan untuk memperkaya pembendaharaan kata dan pendalaman makna kata.



 
Novita Hidayani

Novita Hidayani

email: hidayaninovita@gmail.com facebook: Novita Hidayani twitter: @yfoundme

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan