logoblog

Cari

Tutup Iklan

TNGR Menuju Geopark Dunia

TNGR Menuju Geopark Dunia

Geopark Nasional telah disematkan untuk Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR). Gunung yang ada di Lombok ini ditetapkan sebagai Geopark Nasional pada

Rupa-Rupa

Nadya Elya
Oleh Nadya Elya
04 Januari, 2018 11:47:14
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 4677 Kali

Geopark Nasional telah disematkan untuk Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR). Gunung yang ada di Lombok Nusa Tenggara Barat ini ditetapkan sebagai Geopark Nasional pada tahun 2013 lalu. Gelar Geopark Nasional ditetapkan oleh Indonesia dengan sertifikat yang diberikan Komite Nasional Indonesia.

Geopark Rinjani memiliki beberapa potensi. Sebagai geopark yang memiliki 17 situs budaya, 22 situs geologi dan 8 situs biologi yang tersebar diseluruh Kabupaten Kota yang ada di Lombok.

Tak ayal, keindahan gunung kedua tertinggi di Indonesia ini memiliki daya tarik tersendiri untuk wisatawan. Jumlah wisatawan mancanegara 38.315 orang dan wisatawan nusantara 40.848 orang hingga bulan November 2017.

Memiliki Status Geopark Nasional membuat Gunung Rinjani semakin memantapkan diri menjadi Geopark Dunia. Tahun 2016 lalu, Gunung Rinjani diusulkan menjadi Unesco Global Geopark (UGG).

Terdapat beberapa aspek yang harus dipenuhi Gunung Rinjani sebagai geopark Dunia, selain situs geologi, situs biologi, dan budaya. Geopark sebagai sarana implementasi iptek, Geopark dikembangkan sebagai kawasan geowisata. Selain itu, Geopark harus dapat memberikan kontribusi positif dan dapat melibatkan masyarakat lokal.

 

Baca Juga :


Sinergi antara pemerintah dan masyarakat Lombok dalam mempersiapkan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) sebagai salah satu geopark dunia tentunya tidak sia-sia walaupun saat ini masih dalam tahap persiapan yang lebih matang. TNGR ditunjuk oleh Asia Pacific Geopark Networks (APGN) sebagai Tuan Rumah Simposium Asia Pacific Geopark Networks (APGN) 2019 dan ini merupakan langkah awal TNGR menjadi geopark dunia.


Sumber Foto : iliketravelaround



 
Nadya Elya

Nadya Elya

Proud Indonesian, Worker by day email : nadyaelyanp@gmail.com

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan