logoblog

Cari

Tutup Iklan

Agar Aman Berkendaraan Di Jalan Basah

Agar Aman Berkendaraan Di Jalan Basah

Bulan Desember adalah bulan dimana hujan turun lebih deras dari biasanya. Tetapi, pekerjaan tidak bisa ditunda sehingga hujan bukan menjadi halangan.

Rupa-Rupa

Novita Hidayani
Oleh Novita Hidayani
15 Desember, 2017 16:20:47
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 3393 Kali

Bulan Desember adalah bulan dimana hujan turun lebih deras dari biasanya. Tetapi, pekerjaan tidak bisa ditunda sehingga hujan bukan menjadi halangan. Jalan licin sering membuat banyak kecelakan terjadi. Dalam artikel ini, saya mencoba memberikan tips agar aman berkendara di jalan basah yang diambil dari berbagai sumber.

Periksa ban Anda Secara Rutin

Selalu periksa ban anda sebelum jalan. Lakukan langkah-langkah perawatan rutin berikutini;jaga tekanan udara dalam ban sesuai anjuran. Ukuran tekanan udara yang pas ditentukan oleh pabrik mobil anda dan dapat dibaca di sisi belakang pintu, di tiang pintu, di pintu laci dashboard atau dibalik tutup tangki bahan bakar. Ukuran ini juga bias dibaca di manual pemakai. Angka-angka yang tercetak di dinding ban bukanlah tekanan udara yang direkomendasikan untuk ban anda melainkan tekanan maksimum untuk ban itu.Periksalah tekanan ban anda sekurang-kuangnyasekali dalamsebulan. Cek ke dalam alur. Kedalaman yang cukupakan menghindari mobil tergelincir (slip) atau melayang di atas air (aquaplaning)

Kurangi Kecepatan

Pada saat hujan air bercampur dengan oli di atas permukaan jalan dan membuat permukaan jalan menjadilicin dan ban mudah slip. Cara terbaik untuk menghindari slip adalah dengan mengurangi kecepatan. Di kecepatan lebih rendah lebih banyak alur ban akan bersentuhan dengan permukaan jalan.

Belajar Bagaimana Mengatasi Slip

Slip bias terjadi bahkan pada pengemudi yang paling hati-hati sekalipun. Jika mobil anda mulai tergelincir, jangan sekali-kali menginjak habis rem anda. Jangan pompa rem bila mobil anda dilengkapi anti-block braking system (ABS). Sebaliknya, tekan dengan pasti dan arahkan kemudi sesuai arah slip mobil.

Jaga Jarak Dengan Mobil di Depan

 

Baca Juga :


Mengemudi di cuaca basah mengharuskan cara yang halus dalam menggunakan control utama kemudi, pedal-pedal kopling, rem dan gas. Ketika anda berpergian dalam cuaca basah, mungkin sepatu anda juga basah dan dapat terpeleset dari pedal. Gososkan sol sepatu ke alas karet di mobil anda sebelum menghidupkan mesin. Setiap pengemudi harus selalu memeriksa lampu depan,lampu belakang,lampu rem, dan lampu tanda berbelok (lampu sen) semuanya berfungsi dengan baik. Di jalan yang basah dibutuhkan jarak pengereman tiga kali lebih panjang daripada di jalan yang kering. Karena dibutuhkan jarak yang lebih besar, anda tidak menempel ke mobil di depan (tailgate). Sekurang-kurangnya pertahankan jarak duakali panjang mobil di antara anda dan mobil di depan.

Ikuti Arah Mobil di Depan Anda

Hindari menggunakan rem. Bila masih memungkinkan,kurangi kecepatan dengan melepas pedal gas. Hidupkan lampu depan, meskipun hujan tidak terlalu lebat. Lampu ini tidak saja membantu anda melihat jalan, tetapi juga membantu pengemudi yang lain melihat anda. Jika mobil anda dilengkapi daytime running lights, hidupkanlah agar kendaraan di belakang anda dapat melihat anda.

Persiapkan Perjalanan Anda dengan Baik

Mengemudi dalam cuaca basah mengharuskan cara yang halus dalam menggunakan control-kontrol utama, kemudi dan pedal –pedal kopling, rem dan gas, serta kesiapan yang lebih besar dalam mengantisipasi kesalahan orang lain atau pun kondisi darurat.Bila hujan sudah turun sebelum anda berangkat, mungkin sepatu anda sudah basah. Gosok-gosokkanlahsolnya pada karpet ataualas karet di mobil sebelum andamenghidupkan mesin. Setiappengemudi harus selalu memerika apakah lampu depan, lampu belakang,lampu rem, dan lampu tanda berbelok semua berfungsi dengan baik.

sumber gambar: metrotvnews(dot)com



 
Novita Hidayani

Novita Hidayani

email: hidayaninovita@gmail.com facebook: Novita Hidayani twitter: @yfoundme

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan