logoblog

Cari

Tutup Iklan

Saya Berani, Saya Sehat

Saya Berani, Saya Sehat

Dengan mengusung tema “ Saya Berani, Saya Sehat” peringatan Hari Aids Sedunia (HAS) di gelaran kegiatan Inspiratif Expo Dinas Komunikasi Informasi

Rupa-Rupa

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
11 Desember, 2017 09:37:57
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 8315 Kali

Dengan mengusung tema “Saya Berani, Saya Sehat” peringatan Hari Aids Sedunia (HAS) digelaran di acara Inspiratif Expo Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi NTB dan Komisi Penanggulangan AIDS NTB , Minggu (10/12) Wakil Gubernur H. Muhammad Amin, M. Si mengajak penikmat Car Free Day di Udayana untuk menjaga pola hidup sehat, hindari pergaulan bebas dan Narkoba.

Wakil Gubernur mengapresiasi kegiatan yang mengusung tema memperingati hari AIDS Sedunia. Tujuannya menurunkan angka penyebaran Aids yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV.

“HIV/AIDS  penyakit yang menjadi momok bagi manusia di seluruh dunia, apalagi hingga kini belum ada obat yang mampu menyembuhkannya secara total,” ujar Amin.

Kemudian lanjutnya, “Oleh sebab itu, satu-satunya cara untuk terhindar dari HIIV /AIDS adalah mari kita hindari segala tindakan, perbuatan dan tingkah laku yang bisa menyebarkan penyakit ini tertular, misalnya tidak terlibat penggunaan Narkoba dan pergaulan bebas,” tegas Wagub.

Penting bagi kita semua, untuk tetap memberikan edukasi dan sosialisasi secara terus menerus kepada masyarakat untuk tetap menjaga pola hidup sehat.  Menghindari perilaku dan perbuatan yang menyimpang sehingga terkena Virus AIDS.

Ketua Panitia HAS, Marjito, SKM,M.Kes , mengamini apa yang disampaikan oleh Wagub, menurutnya, peringatan AIDS  bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian seluruh masyarakat terhadap HIV dan AIDS dengan cara melakukan tes HIV.

Setelah tes, jika hasilnya positif maka akan dilanjutkan dengan pengobatan antiretroviral (ARV) sedini mungkin. Melalui kampanye ini, masyarakat diajak untuk berperan serta dengan cara sederhana menyerukan “Saya berani” lewat tulisan pada tangan atau lengan. Harapannya, mereka yang ikut dalam kampanye ini pada akhirnya akan memeriksakan status HIV mereka ke layanan kesehatan terdekat.

 

Baca Juga :


Marjito juga memperingati temuan kasus HIV-AIDS sampai dengan bulan Oktober 2017  secara kumulatif berjumlah 1.448 kasus terdiri dari HIV 632 kasus dan AIDS 816 kasus. Apabila dibandingkan dengan estimasi Nasional, kasus di NTB diperkirakan 3090 Kasus. Jadi capaian baru 64 porsen, sehingga harus mampu mencari yang 54 porsen lagi untuk mencapai tetrget Indonesia bebas HIV tahun 2030.

DI HAS berbagai kegiatan yang dilakuakn untuk memperingati HAS dan dirangkai dengan HUT NTB ke 59 antara lain misalnya, Advokasi kepada Pemda Kabupaten /Kota se NTB, Sosialisasi dilanjutkan dengan TES HIV dan IVA bagi ibu-ibu anggota Bhayangkara Polda NTB.

Kemudian Sosialisasi dilanjutkan dengan TES HIV  Mahasiswa dan siswa SMA/SMK maupun Madsarah Aliah di Pondok pesantren Nurul Hakim Kediri. Talshow penyalagunaan obat, Narkoba, dan HIV-AIDS bagi siswa di Graha Bakti. Kegiatan bersama populasi kunci dan komunitas dalam malam renungan AIDS di BKKN pada 3 Desember 2017.

Di sela acara Inspiratif expo panitia membagikan doorprize dan berbagai hadiah seperti sepeda dan hadian menarik lainya. Penampilan SMKN 2 Mataram memainkan Gendang Beleq, Perkusi dan performance nyanyi solo Nikita Devie dan Qwerty band dari bunda manajemen mewarnai pagi itu. Tidak kalah dengan SMKN 2 Mataram, siswa-siswi dari SMA 6 mempersembahkan tari Sekar Jagad dengan gemulai memainkan gerakan ditengah pengunjung Inspiratif Expo dan ditutup dengan penampilan anak-anak teater pantonim.

Wakil Gubernur NTB, Kadis Kominfotik, Kadis Ketahanan Pangan dan Ketua Panitia HAS melakukan pembubuhan tanda tandan di atas baliho dan secara simbolis melepas burung merpati pencanangan Hari Aids sedunia yang di rangkai dengan dengan HUT NTB, Hari Bhakti PU, HKN dan Hari anak Nasional tingakat NTB (Edy)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan