logoblog

Cari

20 Petani NTB Magang Ke Jombang

20 Petani NTB Magang Ke Jombang

Pembangunan pertanian merupakan suatu proses yang bertujuan meningkatkan pendapatan petani, meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk terciptanya perubahan lebih baik seperti

Rupa-Rupa

Syamsul Riyadi
Oleh Syamsul Riyadi
08 November, 2017 13:50:25
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 27440 Kali

Pembangunan pertanian merupakan suatu proses yang bertujuan meningkatkan pendapatan petani, meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk terciptanya perubahan lebih baik seperti lapangan kerja dan kesempatan berusaha serta mendorong peningkatan pertambahan industri pertanian melalui pengembangan agribisnis yang berkelanjutan.

Dalam mencapai tujuan tersebut, pembangunan pertanian diarahkan pada peningkatan kualitas sumber daya manusia termasuk di dalamnya pelaku utama dan pelaku usaha. Dengan semakin, meningkatnya pengetahuan dan ilmu teknologi di bidang pertanian, banyaknya informasi dan teknologi dari berbagai sumber media massa, adanya alsintan baru serta perbaikan usaha tani diharapkan mampu meningkatkan produksi dan produktivitas.

Menyadari pentingnya kualitas sumberdaya petani dalam peningkatan produktivitas dan kesejahteraan petani, para pembina dan pemangku kepentingan lainnya terus berupaya untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan petani dalam beragribisnis. Beberapa metode pelatihan dalam meningkatkan kualitas sumberdaya petani tersebut dipilih dan diterapkan sesuai dengan tujuan, situasi dan kondisi yang dihadapi petani. Diantara metode pelatihan yang sering digunakan dan telah terbukti efektif adalah metode petani belajar dari sesama petani dalam kondisi faktual di lapangan (learning by doing atau belajar sambil bekerja), yang dikenal dengan metode magang.

Magang adalah salah satu metodologi pendidikan dan latihan yang menekankan pada proses belajar melalui bekerja secara langsung di lahan usaha tani dengan menerapkan prinsip pembelajaran orang dewasa.

Magang luar daerah untuk petani ini dilaksanakan pada tanggal 2 – 6 November 2017 di P4S Sedulur Tani, Dususn Serning, Desa Banjaragung, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur. Dengan jumlah peserta yakni 20 orang petani yang berasal dari 10 Kabupaten/Kota se-NTB dan 3 orang pendamping. Pelaksanaan magang dibagi menjadi 2 komoditi padi dan komoditi jagung.

Kegiatan magang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan petani dalam usaha agribisnis; Mempercepat penyebarluasan dan penerapan teknologi tepat guna di kalangan petani; Mengembangkan jiwa dan sikap kewirausahaan agribisnis; Merintis dan mengembangkan jejaring usaha dan jejaring kerja.

 

Baca Juga :


Di dalam kegiatan magang ini, petani banyak belajar ilmu pengetahuan baru yang belum mereka dapatkan sebelumnya. Ada beberapa materi yang disampaikan dalam magang ini, diantaranya analisa usaha tani, pengenalan teknologi benih, pengelolaan limbah pertanian, teknologi PHT, budidaya padi organic, dan agen hayati. Selain materi, peserta juga langsung dapat mempraktekkan apa yang dipelajari seperti pembuatan mol, pembuatan agen hayati, cara melihat kandungan organic tanah, dan lain sebagainya. Narasumber berasal dari penyuluh kabupaten dan juga dari petani maju yang ada di P4S Sedulur Tani. Selain itu, untuk menambah pengetahuan, petani diajak berkunjung ke P4S Mitra Tani dan Kelompoktani Banjar Sari.

P4S Mitra Tani merupakan salah satu pusat pelatihan yang sangat maju di Kabupaten Jombang. Beberapa fasilitas yang dimiliki P4S Mitra Tani yakni beberapa ruang kelas dan laboraturium. Laboraturium digunakan sebagai tempat penelitian untuk pembuatan agen hayati. Sedangkan untuk kelompoktani banjar sari merupakan kelompoktani yang lebih mengedepankan bahan organik sebagai sarana dalam bercocok tanam. Mulai dari perlakuan benih, persiapan lahan, hingga pembasmian hama penyakit sebagian besar menggunakan bahan baku yang berasal dari alam.

 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan