logoblog

Cari

Makanan Jadi Permainan

Makanan Jadi Permainan

Makanan Jadi Permainan KM. Masbagik. Permainan merupakan salah satu penghibur bagi semua orang baik anak kecil hingga dewasa. Permainan ini tidak hanya

Rupa-Rupa

KM Masbagik
Oleh KM Masbagik
27 Oktober, 2017 15:10:09
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 23741 Kali

KM. Masbagik. Permainan merupakan salah satu penghibur bagi semua orang baik anak kecil hingga dewasa. Permainan ini tidak hanya sebatas dilakukan oleh anak-anak saja bahkan hingga orang dewasa pun masih banyak yang menggandrungi permainan-permainan. Baik itu yang berupa permainan yang berbau tradisional atau permaianan yang modern (canggih).

Di Desa Kesik, khsususnya bagi kalangan anak-anak usia SD sedang gempar dengan salah satu permainan yang mengambil tema dari makanan yaitu “Nasi Goreng”. Nah pasti semua bingung kan kenapa makanan ini bisa dijadikan mainan. Bukankah jika ada makanan tidak boleh kita mainkan bahkan Allah SWT pun akan mencela ummatnya yang berbuat demikian.

Namun perlu penulis jelaskan lebih mendetail lagi bahwa nama permainan “Nasi Goreng” ini hanya dijadikan sebagai singkatan saja bukan makanannya yang dimain-mainkan. Nasi Goreng disini memiliki kepanjangan dari berbagai nama hewan yaitu Na yang merupakan arti dari Naga, Si yang kepanjangannya Singa, Go yang kepanjangannya Gorila dan Reng yang kepanjangannya Renggo. Nah jadi jangan salah paham lagi ya para pembaca sekalian.

Cara permainan ini pun cukup sederhana, para pemain harus terdiri dari 2 orang minimal dan maksimal 4 orang. Sebelumnya para pemain harus memilih tokoh/karakter yang akan dia mainkan. Karena jika nanti namanya menjadi ejaan yang terakhir maka dia akan memenangkan permainan. Selanjutnya masing-masing orang menaruh jumlah jari-jarinya ke lantai antara 1 sampai 10. Kemudian salah seorang pemain akan menghitung jumlah jari yang telah disiapkan para peserta dengan mengeja kata “Na-Si-Go-Reng”. Masing-masing penggalan suku kata tersebut hanya untuk satu jari. Jadi terdapat empat suku kata dalam “NA (1)- SI (2) – GO (3) – RENG (4)”. Hal itu dilakukan hingga semua jari mendapat hitungan ejaan. Dan jika berhenti pada salah satu suku kata maka yang disebut mempunyai hadiah untuk memberikan hukuman kepada temannya yang lain.

 

Baca Juga :


Untuk diketahui permainan ini sebanarnya sama dengan permaian “Mejiku” atau “Tum Tombak” perbedaannya hanya terdapat pada nama permainan dan jenis hukumannya saja. Untuk pemain yang memilih "NA-Naga” memiliki hukuman dengan melakukan sentilan kepada pemain lawan. Pemain yang memilih “SI-Singa” memiliki hukuman dengan melakukan cakaran kepada pemain lawan. “Go-Gorila” memiliki hukuman dengan memukul badan lawan. Dan terakhir “Reng-Renggo” memiliki hukuman membuat jari lawan berbunyi. Hal itu akan dilakukan sesuai dengan jumlah undian yang dilakukan dengan pemain yang terkhir. Namun, walaupun hanya sekedar permainan hal ini perlu juga dilakukan pengawasan yang intensif agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan bersama. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita semua tentang permainan tradisional. Salam toes dari kampung. Kami cinta TAI.

By_Andre D’Jails



 
KM Masbagik

KM Masbagik

Nama: Andre Kurniawan, S. Pd. TTL: Kesik, 01 April 1990. Alamat: Desa Kesik Kecamatan Masbagik. Pekerjaan: Swasta. No. HP: 082340354845. Email: Andrejail17@yahoo.com.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan