logoblog

Cari

Tutup Iklan

ZS Pearl

ZS Pearl

LOMBOK adalah surga wisata, di akhir era jokowidodo ini dunia wisatawan asing berkunjung kelombok cukup pesat dan ramai,, biasanya kalau ke lombok

Rupa-Rupa

Yakub
Oleh Yakub
13 Oktober, 2017 08:44:17
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 2002 Kali

LOMBOK adalah surga wisata, di akhir era jokowidodo ini dunia wisatawan asing berkunjung kelombok cukup pesat dan ramai,,

biasanya kalau ke lombok wisatawan itu tidak lengkap rasanya kalau tidak bawa pulang oleh-oleh,, kali ini pusat oleh-oleh dari perhiasan berbahan emas dan mutiara pilihan yang terbaik, ada di lokasi kota mataram, salah satu pembisnis mutiara ini cukup baik di mata wisatawan asing hingga wisatawan lokal, karena direktur perusahaan bisnis mutiara ini berbasis keislaman yaitu, bisni berbasis syari'ah. karena tidak mau yang untung itu hanya penjual katanya, biar saling menguntungkan antara pihak pembeli dan pihak penjual maka konsepnya adalah secara syari'ah.

anda mudah mendeteksi lokasinya,  yaitu :

di jalan, Soedjono Lingkar Selatan Petemon Pagutan Timur Kota Mataram, NTB Indonesia

hubungi :0818 0793 2105 & 0812 3784 6419

ZS Pearl Zariatupli Salama emeile :oceeng06@yahoo.com

ini cukup baik yang pernah saya temukan penjualan mutiara yang ada di kota mataram kali ini penjual mutiara ini, menyediakan tempat peribatan seperti Musolla, Kemudian parkiran yang luas, tempat duduk yang klasik peninggala orang tua jaman dahulu, yaitu BERUGAK, nyaman dan asyik, kariawannya ramah, pasilitas waifi gratis, dan barangnya sangat bagus punya garansi surat-surat lengkap, dan bertanggung jawab. sahabat MEDOS tentu penasaran kan?, yuuuuk datang di jamin betah deh kalau kesana.

 

Baca Juga :


berikut saya paparkan sejarah dan cara panen dan pembuatan MUTIARA

  • Mutiara air tawar adalah mutiara yang dihasilkan oleh proses budaya kerang mutiara yang dapat hidup di air tawar seperti danau dan sungai.
  • mutiara ini diproduksi di Jepang dan Amerika Serikat pada skala terbatas, tapi sekarang hampir secara eksklusif diproduksi di Cina
  • didalam Dunia perdagangan, Federal Trade Commission AS mengharuskan mutiara air tawar ternak ini disebut sebagai "mutiara air tawar hasil budidaya" atau dalam Bahasa inggrisnya disebut fresh water cultured pearl.
  • Penentuan harga mutiara dan kualitas mutiara air tawar hasil budidaya ini dievaluasi melalui sistem penilaian dari serangkaian nilai-nilai A – AA - AAA, berdasarkan kilau, bentuk, halusnya permukaan, warna, dan kesesuaian.

Sejarah industry mutiara air tawar

  • Meskipun industri mutiara air tawar Jepang telah hampir tidak ada lagi, Jepang adalah tempat pertama dilakukannya budidaya mutiara air tawar pada danau danaunya (yaitu di Danau Biwa) dengan menggunakan mutiara kerang Biwa (Hyriopsis Schlegeli).
  • Industri mutiara air tawar di jepang ini, berusaha untuk dihidupkan kembali dengan cara menyilangkan kerang Hyriopsis Schlegeli dengan kerang Hyriopsis cumingi di Danau Kasumigaura dalam dekade terakhir, tetapi mengalami kegagalan, dan prosuksi dihentikan pada tahun 2006.
  • Peternakan mutiara di Tennessee (USA),  juga memegang nilai sejarah khusus karena ini adalah satu-satunya peternakan mutiara air tawar di luar Asia, Didirikan oleh John Latendresse, dan ahirnya saat ini hanya menjadi sebagai objek wisata saja.
  • Cina adalah satu-satunya produsen komersial mutiara air tawar yang sukses. Cina memproduksi 1.500 ton pada tahun 2005 dengan menggunakan kerang segitiga (Hyriopsis cumingii) dan beberapa hibrida yang telah menunjukkan heterosis dari beberapa spesies kerang.

Proses Pencangkokan Mutiara Air Tawar (Grafting)

  • Proses pencangkokan dimulai dengan memilih kerang donor yang cocok dan memotong strip jaringan dari mantel.
  • Strip jaringan ini kemudian dipotong kotak-kotak per tiga milimeter.
  • Potongan daging kerang yang berbentuk kotak ini selanjutnya diberikan kepada seorang teknisi yang melakukan operasi pencangkokan.
  • Tidak seperti proses nukleasi pada mutiara air laut, proses pada mutiara air tawar ini tidak dianggap sulit, dan teknisi tersebut hanya memerlukan pelatihan yang sederhana untuk mengerti cara melakuka pencangkokan ini.
  • Teknisi tersebut akan menciptakan sayatan kecil pada katup atas, dan memasukkan potongan jaringan tersebut kedalam kerang mutiara air tawar itu.
  • Setelah jumlah maksimum cangkok telah dilakukan, kerang kemudian dibalik, dan prosedur ini dilakukan sekali lagi pada katup satunya dari kerang itu.
  • Kerang mutiara air tawar di China ini disebut Cristaria plicata. Kerang ini dapat dicangkokkan hingga 50 kali calon mutiara per satu buah kerang (atau 25 calon mutira per katup kerang tersebut).

Pengolahan & Panen

  • Panen mutiara air tawar biasanya mutiara dibeli saat masih didalam kerang. Setelah panen mutiara kemudian akan dikirim ke pabrik pengolahan tahap pertama. Pabrik ini bertanggung jawab untuk membersihkan dan menyortir mutiara dengan ukuran dan bentuk.
  • Setelah sortir selesai, mutiara dikirim ke pabrik pengolahan tahap kedua. Pada tahap ini Mutiara di proses dengan cara maeshori (mutiara direndam didalam larutan kimia hangat dan kimia dingin) dan kemudian diputihkan. Mutiara yang menunjukkan warna yang cemerlang dengan hanya melalui proses maeshori dan tidak akan dikelantang atau dicelup lagi.
  • Setelah itu mutiara dikirim ke pabrik pengolahan tahap ketiga yaitu mutiara akan dibor kemudian dipoles dengan campuran tepung jagung dan lilin.
  • Setelah itu mutiara air tawat di rangkai pada untaian benang nilon untuk kemudian siap dijual di pasaran grosir perhiasan mutira air tawar



 
Yakub

Yakub

nama saya m. yakub asal saya dari lombok tengah

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan