logoblog

Cari

Tutup Iklan

Sertifikasi MICE di Hotel Lombok Plaza

Sertifikasi MICE di Hotel Lombok Plaza

  Sebagai salah satu bentuk dukungan pemerintah adalah menyiapkan sumberdaya yang handal dibidang MICE melalui uji sertifikasi. Uji sertifikasi terhadap para pelaku

Rupa-Rupa

KM. Abiantubuh
Oleh KM. Abiantubuh
28 September, 2017 10:58:37
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 2614 Kali

Sebagai salah satu bentuk dukungan pemerintah adalah menyiapkan sumberdaya yang handal dibidang MICE melalui uji sertifikasi. Uji sertifikasi terhadap para pelaku industry MICE ini, sangat penting agar lahir para pekerja yang siap dan kompeten di bidangnya.  Sejak hari Selasa  26 September Deputi bidang kelembagaan dan kepariwisataan Kemenpar, mengadakan sertifikasi Kompetensi MICE di NTB. Acara yang diselengarakan bersama INCCA NTB di Hotel Lombok Plaza mulai Senin hingga Selasa sore.  Puluhan peserta antusias mengikuti kegiatan assasement dan uji wawancara hingga tuntas sekitar pukul 16.00 wita. Ichsanul Wathany salah seorang direktur perusahaan yang bergerak di bidang Event organizer mengatakan bahwa dia sangat antusias mengikuti kegiatan sertipikasi tersebut. “Saya sangat bersyukur pemerintah memfasilitasi kegiatan ini. Dengan kegiatan ini kami bisa belajar bersama para pelaku wisata di bidang MICE” kata Ichsan atau biasa dipanggil bang Ican. Ichsanul Wathani yang pernah beraktifitas sebagai penyiar radio ini sudah lama malang melintang di dunia event, menangani Even berskala daerah maupun event berskala nasional. Terakhir event nasional yang dikelola Ican bersama teamnya adalah  gelar Teknologi Tepat Guna yang diselenggarakan kementerian desa di samping Masjid Hubbul Wathan Islamic Center NTB. “Sertifikasi ini sangat penting, pelan-pelan kedepan hanya mereka yang punya sertifikat MICE saja yang boleh terlibat dalam industri MICE, kata Ichan. Setelah melalui tes tulis, satu persatu para peserta sertifikasi MICE diwawancarai Tim sertifikasi yang datang dari Jakarta. Tidak semua peserta bisa lulus dan mengikti proses dengan sempurna. Tingga mengunggu hasil dari sertifikasi tersebut. Banyak peserta yang kelengkapan sertifikasinya belum lengkap dan panitia memberi waktu kepada peserta sekitar satu minggu untuk melengkapinya.

MICE yang merupakan singkatan dari Meeting, Incentive, Convention and Exhibition adalah salah satu bagian yang penting dalam industri pariwisata internasional dan nasional.  Bahkan beberapa negara di dunia secara khusus menseriusi sektor ini. MICE termasuk  dalam wisata minat khusus atau special interest tourism dalam Grand Design Pariwisata Indonesia yang dicanangkan oleh Kementerian Pariwisata. Hal ini dilandasi oleh peningkatan peran sektor MICE dalam memajukan industri pariwisata nasional pada beberapa tahun terakhir. Berdasarkan data yang dirilis oleh Kemenparekraf, sektor MICE menyumbang 30% pemasukan negara di bidang pariwisata. Meskipun demikian, sektor MICE di Indonesia masih perlu banyak dikembangkan agar dapat berkontribusi maksimal dalam bidang pariwisata. Guna menunjang industry MICE pemerintah terus memberi dukungan dan fasilitasi terhadap para pelaku yang berkecimpung di bidang ini.

 

 

Baca Juga :


 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan