Cari

Tutup Iklan

Bangga Lombok Bangga NTB Bangga Indonesia

Bangga Lombok Bangga NTB Bangga Indonesia

Bangga Lombok bangga NTB Bangga Indonesia   Eh hari ini saya saya ikut lomba blog. Temanya bangga Lombok, Bangga NTB Bangga Indonesia. Wah

Rupa-Rupa

Bangga Lombok Bangga NTB Bangga Indonesia

Bangga Lombok Bangga NTB Bangga Indonesia

Bangga Lombok Bangga NTB Bangga Indonesia

KM. Abiantubuh
Oleh KM. Abiantubuh
15 September, 2017 17:01:09
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 560 Kali

Eh hari ini saya saya ikut lomba blog. Lomba ini diadakan oleh Kementerian Komunikasi Informasi Republik Indonesia berkerjasama dengan Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik. Kegiatan ini mengambil tema "Bijak Bermedia Sosial". Di pertengahan kegiatan, panitia meminta kepada peserta untuk menulis tentang "Bangga NTB, Bangga Lombok, atau Bangga Indonesia. Peserta dikasih pilihan untuk menulis tentang salah satu tema yang disediakan oleh panitia.  

Saya bingung mau mulai dari mana tulisan itu. Tapi kalo dipikir pikir soal bangga atau tidak ya saya jelas bangga dong. Bangga jadi orang Lombok, bangga jadi anak NTB dan secara umum saya juga punya kebanggan menjadi orang Indonesia. Apalagi yang bisa dibanggakan kalau bukan negeri sendiri. Masak mau bangga sama negara lain. Ya meskipun ada juga sih yang nggak bikin bangga. Itu tuh, soal korupsi, soal anak-anak muda yang terjerat narkoba, dan soal lain yang bikin khawatir kebanggan akan hilang. Semoga saja itu semua bisa diatasi dan tak ada lagi pejabat yang korupsi. Para pengedar narkoba ditangkap dan diusut sampe ke akar-akarnya. Eh kok jadi ngomong narkoba sih. Saya kembali ke tema awal yaitu soal rasa bangga.

Saya ingin mulai satu persatu aja dulu. Pertama soal sebutan Lombok pulau 1000 masjid. Ini kebanggan terbesar saya. Kata masjid itu bermakna positif. Masjid adalah tempat ibadah, tempat di mana orang bersudjud menyembah Allah, tempat orang mengaji dan membaca Al-Quran, memohon kebajikan kepada pemilik semesta. Rasa bangga kadang muncul manakala keluar Lombok dan kesulitan mencari masjid di daerah lain. Seorang tamu hotel pernah dari luar daerah pernah cerita soal kalau dia merasa senang sekali dibangunkan adzan subuh, karena di tempatnya jarang mendengar adzan di tempatnya. Di Lombok, jumlah masjid tidak hanya seribu tapi lebih dari dua atau tiga ribu. Selain itu tentu keberadaa masjid yang jumlahnya ribuan tersebut, mencitrakan masyarakat yang taat beragama. Kedua, saya merasa bangga tinggal di Lombok yang indah dan memikat dunia luar. Saat ini saja ada lebih dari dua juta tamu datang k eke Lombok, untuk menikmati keindaha alam, berlibur bersama teman dan keluarga.  Lombok menjadi tempat wisata yang bisa dibilang sangat lengkap. Ada Rinjani yang menjualng tinggi, dengan track yang panjang dan menantang.

Hari –hari terakhir, gunung yang ikut diperjuangkan menjadi salah satu geopark dunia ini sedang ramai dikunjungi wisatawan Malaysia dan Korea. Di kaki Rinjani ada desa di ketinggian bernama Sembalun. Desa ini terkenal dengan keiindahan, kesejukan dan keramahan penduduknya. Baru-baru ini desa Sembalun menjuarai lomba tingkat dunia sebagai desa terpavorit untuk berbulan madu. Bayangkan, tingkat dunia lho. Selain wisata gunung, Lombok di kelilingi oleh pulau-pulau kecil yang disebut gili. Di Lombok utara, ada tiga gili yang dikenal dengan desa dunia. Tiga gili ini adalah Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air.

Jika malam-malam anda berjalan di gili Trawangan misalnya, serasa kita tingga bukan di Indonesia karena Trawangan dipenuhi bule dan tamu asing. Bangga dah pokoknya. Keindahan gili Trawangan memang luar biasa. Di gili ini kita bisa melihat kedamaian matahari terbit dan matahari tenggelam diatas pantai berpasir putih.  Sebelah gili trawangan ada gili air, tempat para pelancong bisa “bermain-main” dengan ikan-ikan. Para pelancong bisa snorkeling dan memberi umpan ikan-ikan jinak di perarian gili air.

Baca Juga :


Selain ikan, ada penyu yang bisa diajak selvi. Bangga.  Selain tiga gili tersebut  masih banyak gili lain yang belum ramai dikunjungi. Tentu tidak kalah menariknya.  Seorang tamu dari Jawa penyuka photograpy pernah terkaget-kaget melihat hasil jepretan photo landscapenya sendiri. “Gila” katanya.  Bicara tempat wisata Lombok juga memiliki air terjun, keunikan budaya dan banyak lagi yang membuat saya menjadi bangga.

Kebanggan menjadi warga NTB adalah manakala melihat kedamaian suku-suku yang tinggal di dalamnya. NTB dengan tiga suku utamanya yaitu suku Sasak, Samawa dan Mbojo, hidup rukun dan damai. Kalau tadi saya cerita Lombok, maka secara lebih luas di NTB keindahannya juga tak terkatakan. Di pulau Sumbawa ada gunung Tambora, yang kedahsyatan letusannya terasa sampai di benua Eropa. Lalu ada pulau Moyo tempat berlibur para tokoh dunia seperti Mick Jagger, Putri Diana dan banyak lagi. Pokoknya bangga dah. Apalagi prestasi olehraga NTB juga bisa dibilang cukup keren di PON.

Nah sekarang saya ingin bicara Indonesia. Saya bangga punya negeri yang menurut orang dikenal dengan jamrud khatulistiwa. Bangga dengan Keindahan pulau-pulau, bangga dengan Pancasila yang menyatukan kita begitu banyak suku di negeri ini. Bangga yang disertai rasa syukur yang dalam. Semoga Allah menjaga Indonesia () 



 
KM. Abiantubuh

KM. Abiantubuh

Komunitas Kampung Media Abiantubuh, dari Abiantubuh kami menyapa dunia.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan