logoblog

Cari

6 Cara Mendapatkan Buku Gratis

6 Cara Mendapatkan Buku Gratis

Six-Fine - Buku adalah jembatan ilmu. Semakin pintar seseorang, maka semakin dekat ia dengan buku. Sebaliknya, seorang yang ilmunya sedikit, berarti

Rupa-Rupa

Muhammad Madun Anwar
Oleh Muhammad Madun Anwar
21 Juni, 2016 10:42:22
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 39598 Kali

Six-Fine - Buku adalah jembatan ilmu. Semakin pintar seseorang, maka semakin dekat ia dengan buku. Sebaliknya, seorang yang ilmunya sedikit, berarti ia jauh dari buku. Begitulah gambaran mengenai buku. Lantas, apa yang harus dilakukan jika demikian? Sebagai seorang yang haus ilmu, tentu akan lebih mendekatkan diri dari buku. Karena, sebagian besar ilmu itu didapatkan dari buku. Pengalaman dan lain-lainnya hanyalah tambahan atau bonus dari kemahiran dalam mengkaji buku itu sendiri. Jadi, kesimpulannya, buku itu sangatlah vital bagi kehidupan.

Secara umum, semua kita memang paham tentang begitu vitalnya buku di kehidupan. Namun, nyatanya kita masih lalai untuk medekatkan diri dari buku. Alasannya banyak. Pertama, malas untuk membaca. Kedua, dana untuk membeli buku tidak ada. Ketiga, mungkin hanya diri kita sendiri yang tahu penyebabnya.

Nah, karena alasannya demikian maka terciptalah artikel ini. Dalam kesempatan ini, kendala yang kita alami akan teratasi. Untuk tahap ini akan disampaikan hanya terkait bagaimana cara memperoleh buku itu sendiri.  Karena secara garis besar kita termasuk orang yang suka mendapatkan sesuatu secara gratisan, dan maka beginilah cara untuk mendapatkan buku secara gratis.

1. Pinjam buku baru di perpustakaan terdekat.

Hal pertama yang dilakukan untuk dapat buku gratis yaitu dengan mendatangi perpustakaan. Setelah itu, usahakan cari buku yang memang benar kita sukai, dan tidak ketinggalan cari buku yang memang terbitnya beberapa bulan dari tahun yang berjalan.

2. Meresensi buku.

Jika sudah meminjam buku, maka berusahalah untuk meresensi buku itu sendiri. Karena dengan meresensi, maka ada langkah untuk bisa mendapatkan buku gratis. Jika belum bisa meresensi, maka belajarlah.

3. Laporkan ke penerbit.

Hasil resensi yang kita buat kita kirim ke media. Jika dimuat, maka ini keberuntungan untuk mendapatkan buku gratis. Siap-siaplah untuk melaporkan bukti resensi yang dimuat di media ke penerbit. Tunggu berapa minggu, maka buku secara gratis kita dapatkan.

 

Baca Juga :


4. Mengadu ke penulis buku.

Buku yang kita resensi, usahakan buku yang memang penulisnya kita kenal. Bagian ini tidak harus. Tapi, sebaiknya jika meresensi buku, maka usahakan juga mengenal penulisannya. Kemungkinan, penulis biasanya akan memberikan kita buku lain karena rasa terima kasihnya ia ke kita.

5. Kuis

Untuk menambah koleksi buku, tidak ada salahnya kita mengikuti kuis buku yang diadakan oleh teman dunia maya. Setidaknya, walaupun peluangnya sangat kecil, tapi layak pula kita coba untuk mendapatkan buku gratis.

6. Minta buku saat ulang tahun.

Bagian ini sepertinya sangat epektif juga. Setidaknya, jika teman kita baik, maka ia akan memberikan apa yang kita inginkan.

Demikianlah 6 cara mendapatkan buku secara gratis. Semoga dengan cara ini meningkatkan gairah kita untuk memilik buku. Selamat mencoba. ($ -03



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan