logoblog

Cari

Tutup Iklan

Adat Paer Daya Sumber Pembelajaran Kearifan Lokal

Adat Paer Daya Sumber Pembelajaran Kearifan Lokal

LOMBOK UTARA, KM Primadona - Komunitas adat Paer Daya yang ada di Desa Karang Bajo, Bayan, Senaru dan Desa Sukadana Kecamatan

Rupa-Rupa

KM Primadona FM
Oleh KM Primadona FM
19 November, 2015 20:17:31
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 5825 Kali

LOMBOK UTARA, KM Primadona - Komunitas adat Paer Daya yang ada di Desa Karang Bajo, Bayan, Senaru dan Desa Sukadana Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara, merupakan sumber pembelajaran kearifan lokal terutama dalam pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) yang berkelanjutan alam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pendapat tersebut disampaikan Ir. Catur Kukuh pada acara konsultasi publik penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG) di aula kantor Bappeda Lombok Utara 17-11-15. Menurutnya, ini dapat dilihat di Kecamatan Bayan, bahwa komunitas adat merupakan komunitas tingkat tapak yang mengadopsi kearifan lokal dalam pengembangan sumberdaya alam hayati, dengan cirikhas eksklusif dan termarginalkan.

Rencana aksi Revitalisasi kearifan lokal dalam pengelolaan nilai dan sumber daya alam melalui introduksi teknologi tepat guna dengan hasil  Peningkatan kapabilitas untuk peningkatan kesejahteraan.  

Ia menyebutkan, Desa Karang Bajo dengan Luas Wilayah : 1.168 Ha, dengan luas lahan sawah, 305 ha, lahan kering, 703 ha dan tanah pekarangan, 160 ha,  merupakan arah pengembangan Ssentra pembelajaran melalui Akademi Komunitas dan Politeknik arsitektur Nusantara dengan sentra pemasaran dan miniatur produk olahan unggulan yang dikembangkan melalui introduksi TTG.

Sementara Desa Bayan dengan luas wilayah, 3,716 ha, memiliki  tanah sawah 1.095 ha, lahan kering, 2.455 ha, tanah Ppekarangan, 166 ha.  Arah pengembangan  sentra kain tenun khas Bayan  dengan pewarna alami melalui budidaya tanaman kapas sebagai bahan baku benang dan tanaman bawah tegakan sebagai pewarna alami.

 

Baca Juga :


Desa Senaru dengan Luas Wilayah : 4,162Ha dengan Potensi Umum :Tanah Sawah : 601 Ha,Tanah Kering : 3.524,40  ha,Tanah Pekarangan:  36,60Ha Potensi Pertanian Tanaman pangan :Jagung, Kacang tanah, Kacang panjang, Padi, Ubi Kayu, Ubi Jalar,  Arah Pengembangan : PLTMH, Wisata Alam Berbasis Konservasi , Pintu Masuk Jalur Pendakian TNGR, Sekolah Pengairan (SMK/sederajat)  Pasar Seni Sebagai Outlet Produk dan Olahan Desa Lingkar Rinjani.

Desa Sukadana dengan Luas Wilayah : 4.590 Ha Potensi Umum : Tanah Sawah : 38 Ha,Tanah Kering : 4.500,03 Ha,Tanah Perkarangan : 51,97 ha,  Arah Pengembangan : Sentra budidaya bambu petung bagian atas sebagai bahan baku bambu laminasi ,Sentra Budidaya Alang-alang  untuk  atap bangunan dan fungsi Lainnya ,Sentra industri bambu laminasi skala usaha mikro kecil dan menengah dan Penerima mamfaat pemangku amanah.

Hasil yang diharapkan yaitu terbentuknya akademi komunitas dan politeknik arsitektur Nusantara yang memberikan kurikulum berbasis kearifan pengetahuan local adat paer daya dalam kontek pengelolaan nilai sumberdaya alam berkelanjutan. (Primadona).-05



 
KM Primadona FM

KM Primadona FM

Primadona FM merupakan sebuah nama radio komunitas yang terletak di Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara, dan berdiri pada tanggal 28 Agustus 2002

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan