logoblog

Cari

Tutup Iklan

Menanam Padi Sistem Jajar Legowo

Menanam Padi Sistem Jajar Legowo

KM Narmada, Melintasi Daerah Pertanian seperti Kecamatan Narmada pasti akan mendapatkan pemandangan hamparan sawah yang mengjijau di musim tanam dan menguning

Rupa-Rupa

Desa Mekar Sari Narmada
Oleh Desa Mekar Sari Narmada
23 Agustus, 2015 14:04:31
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 22834 Kali

KM Narmada, Melintasi Daerah Pertanian seperti Kecamatan Narmada pasti akan mendapatkan pemandangan hamparan sawah yang mengjijau di musim tanam dan menguning di musim panen, dan yang paling asik adalah saat musim persiapan sampai masa taam dilakukan karena berbagai kegiatan para petani yang sedang sibuk dapat kita nikamati, mulai dari penaburan benih, pengolahan lahan seperti Nenggale dan Begau istilah petanisasak pada waktu membajak sawah.

Belum lagi deretan puluhan ibu-ibu ditengah sawah yang sedang melakukan Lowong atau penanaman padi persis seperti barisan anak-anak sekolah yang sedang baris berbaris saat upacara peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus, cuma bedanya kalau baris berbaris selalu mengambil langkah maju namun jika deretan ibu-ibu Lowong selalu mengambil langkah mundur.

Ada hal yang menarik yang kami lihat beberapa musim tanam terakhir ini, seperti yang dilakuakan oleh sebagian petani yang ada di Desa Tanak Beak Kecamatan Narmada yang kami lihat pada Jumat (21/8) yaitu cara menanam padi yang dikasi jarak dalam beberapa deret, dan menurut keterangan para petani sistem tanam seperti ini diajarkan oleh para penyuluh agar hasilnya lebih banyak dan biasnya mereka kasi istilah padi jajar Legowo.

Legowo menurut bahasa jawa berasal dari kata “Lego” yang berarti luas dan “dowo” yang berarti panjang. Pada prinsipnya sistem tanam jajar legowo adalah meningkatkan populasi dengan cara mengatur jarak tanam. Selain itu sistem tanam tersebut juga memanpulasi lokasi tanaman sehingga seolah-olah tanaman padi dibuat menjadi taping (tanaman pinggir) lebih banyak. Seperti kita ketahui tanaman padi yang berada dipinggir akan menghasilkan produksi lebih tinggi dan kualitas gabah yang lebih baik hal ini disebabkan karena tanaman tepi akan mendapatkan sinar matahari yang lebih banyak.

Legowo merupakan rekayasa teknik tanam dengan mengatur jarak tanam antar rumpun maupun antar barisan, sehingga terjadi pemadatan rumpun padi di dalam barisan dan memperlebar jarak antar barisan. Pada sistem jajar legowo dua baris semua rumpun padi berada di barisan pinggir dari pertanaman. Akibatnya semua rumpun padi tersebut memperoleh manfaat dari pengaruh pinggir (border effect). Beberapa peneliti melaporkan bahwa rumpun padi yang berada di barisan pinggir hasilnya 1,5 – 2 kali lipat lebih tinggi dari produksi pada yang berada di bagian dalam.

 

Baca Juga :


Paket budidaya tanaman padi sawah sistem legowo merupakan paket teknologi yang dikembang kan dengan tujuan untuk meningkatkan produksi beras dalam upaya pemerintah dalam kegiatan intensitifikasi pertanian dalam kegiatan pembangunan pertanian.
Sistem legowo ini memilki pola tanam monokultur dengan populasi tananam 37.000/Ha. Penyemaian benih pada sistem legowo ini dengan cara benih disebar pada bedengan-bedengan yang terisolasi di luar areal penanaman Bibit dipindahkan ke lahan pada umur 21 hari. Bila lokasi penanaman terdapat penyakit akar gada, maka penyemaian dilakukan pada kantong plastik atau kantong yang dibuat dari daun pisang dan tanah diambil dari lokasi yang belum terinfeksi penyakit tersebut, kemudian bibit baru dipindahkan ke lapangan pada umur 45 hari.

Keuntungan Penanaman padi dengan sistem jajar legowo dua baris diantaranya:
1. Semua barisan rumpun tanaman berada pada bagian pinggir yang biasanya memberi hasil lebih tinggi (efek tanaman pinggir),
2. Pengendalian hama, penyakit, dan gulma lebih mudah,
3. Penyediaan ruang kosong untuk pengaturan air, saluran pengumpul keong mas atau untuk mina padi, dan
4. Penggunaan pupuk lebih berdaya guna. (Abdul Satar) - 05


 



 
Desa Mekar Sari Narmada

Desa Mekar Sari Narmada

Posisi di Narmada Kabupaten Lombok Barat NTB TIM : Abdul Satar, Zikrul Hamdani, Rizal Basri, H Abd. Rahim Salim, Abdul Mustar, Maryatun Hasanah Email : satar.tempit@gmail.com HP : 087864350004

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan