logoblog

Cari

Bahagiakan Dirimu Sendiri

Bahagiakan Dirimu Sendiri

Apa tujuan Anda hidup? Pertanyaan yang tiba-tiba terlontar ini adalah pusat dari pemikiran saya tentang kebahagiaan. Jadi, di sini saya akan memaparkan

Rupa-Rupa

Muhammad Madun Anwar
Oleh Muhammad Madun Anwar
09 Agustus, 2015 14:47:05
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 19721 Kali

Apa tujuan Anda hidup?

Pertanyaan yang tiba-tiba terlontar ini adalah pusat dari pemikiran saya tentang kebahagiaan. Jadi, di sini saya akan memaparkan arti semua itu. Jelas ini menurut saya. Jika Anda tidak sepakat, itu lumrah, karena setiap per jiwa mempunyai versi hidup masing-masih. Oke, saatnya saya mendefinisikan itu semua.

Bahagia menurut saya adalah ketika saya bisa membahagiakan diri sendiri tanpa mengusik kebahagiaan orang lain. Di sini, maksudnya saya mendefinisikan hal tersebut karena:

  • Jika saya tidak bisa membahagiakan diri saya, bagaimana saya bisa membahagiakan orang lain.
  • Dengan tidak menyakiti orang lain, berarti orang lain tidak akan menyakiti saya.

Masuk akalkah alasan saya?

Sebenarnya, dua alasan tersebut sangatlah sulit untuk ditempuh, apalagi untuk alasan yang kedua. Sebab, kehidupan itu kudu bersosialisasi. Bukankah hidup harus berinteraksi? Tepat sekali, berinteraksi! Di sinilah tempat perjuangan yang sangat dahsyat untuk menghindari yang namanya menyakiti orang lain.

Sulitkah?

Jelas sangatlah sulit. Sebab, jika secara peribadi menganggap diri tidak menyakiti orang lain, belum tentu orang beranggapan begitu, malah sebaliknya. Jadi, dalam hal ini, perlu secara peribadi belajar bagaimana cara bersikap, berbicara, bahkan bisa mengontrol diri sendiri. Semacam ini, insyaalloh akan mampu menghindari hal itu (menyakiti orang lain).

Mengontol diri! Ya, salah satu hal yang harus dielajari lebih dalam. Sebab, tanpa hal demikian, masalah akan timbul. Bahkan, bahagia yang diinginkan akan sulit tercapai. Jadi, mulailah mempelajari hal demikian, guna mencapai kebahagiaan.

Guna mencapai kebahagiaan, salah satu cara untuk memperolehnya adalah:

  • Mengenal diri

Ini sangat penting karena mengenal diri membuat Anda akan tahu sisi negatif Anda sendiri.

 

Baca Juga :


  • Lakukanlah selama itu baik

Ini langkah kedua untuk membuat Anda bahagia. Bukankah hal yang baik melakukan apa yang kita inginkan. Misal: membaca, menonton tv, menulis, bermain dan menyanyi, dll. Tentu, hal yang dilakukan harus ada pengontrolan diri.

  • Bersyukur

Sebagai hamba yang lemah, sepatutnya nikmat yang diberikan Tuhan kepada kita harus perhitungkan. Salah satu cara untuk memperhitungkannya adalah banyak-banyak mengucapkan rasa syukur.

  • Motivasi diri sendiri

Dorongan untuk diri sendiri itu sangat perlu, guna untuk membangkitkan semangat yang sempat down. Tidak ada penyemangat yang super selain menyemangati diri sendiri.

  • Berolahraga

Bagian ini tidak akan pernah ketinggalan. Sebagaimana pun rupanya kehagiaan itu, jika tidak diseimbangi dengan berolahraga, tentu penyakit akan mudah tereserang. Dan bila Anda sakit, apa kebahagiaan itu akan sempurna.

Jadi, menu yang tersaji untuk membahgaiakan diri sendiri itu mudah sekali dirangkai bukan?

Baiklah, akhirnya, ini adalah versi saya secara peribadi. Jika Anda mempunya list-list tentang kebahagian, tuliskanlah dalam draf hidup Anda. Jika sudah tertata dengan rapi, siap-siaplah untuk membuat orang di sekitar Anda bahagia.

Bahagiakan diri sendiri itu penting, kan?  [] - 05



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan