logoblog

Cari

Tutup Iklan

BP3K Bolo Gelar Sekolah Lapang

BP3K Bolo Gelar Sekolah Lapang

KM RUNGGU.- Guna meningkatkan pengetahuan petani dalam hal pola penanganan hama penyakit terhadap tanaman Kacang Kedelai, Kantor BP3K Kecamatan Bolo menggelar

Rupa-Rupa

KM Monggo Runggu
Oleh KM Monggo Runggu
28 Mei, 2015 09:00:10
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 4183 Kali

KM RUNGGU.- Guna meningkatkan pengetahuan petani dalam hal pola penanganan hama penyakit terhadap tanaman Kacang Kedelai, Kantor BP3K Kecamatan Bolo menggelar Sekolah Lapang (SL). Kegiatan itu, berlangsung Rabu (27/5) di So Manolo Desa Sanolo Kecamatan Bolo.

            Ketua Kelompok Tani Manolo 1, M Husni mengatakan kegiatan itu dilaksanakan oleh kantor BP3K Kecamatan Bolo. Pesertanya mencapai 50 orang, ”Kami para petani diberi bekal pengetahuan menganai pola cara penanganan hama pada kacang kedelai,” ujar Husni.

            Pematerinya, dari Dinas Pertanian Kecamatan Bolo dan BP3K. Peserta SL dari anggota Poktan Manolo 1 dan 2 serta dari Poktan Tapa Rasa. Pembekalan ini dianggap penting, karena saat sekarang petani yang ada di 3 lokasi itu sedang menanam kacang kedelai. ”Saat ini kacang kedelai kami sedang berbuah, sehingga perlu petani mendapatkan ilmu cara penanggulangan hawa,sehingga tidak terjadi gagal panen.” jelas Husni.

            Lanjutnya, lahan petani seluas 191 Ha dalam Desa Sanolo ditanamin kacang Kedelai. Pada masa Musim hujan digunakan untuk tanam padi, sehingga pola tanam petani di Sanolo adalah Padi, Palawija dan palawija. ”Lahan kami ditanamin Tiga kali setahun, akan tetapi diKM II, kami sangat kekurangan air. Petani terpaksa gunakan sumur bor dangkal untuk atasi persoalan tersebut,” urai Husni.

 

Baca Juga :


            Sedangkan M Hasan, salah seorang petani mengatakan dirinya sangat senang dengan kegiatan itu. ”Saya sangat senang, karena dapat ilmu cara atasi hama kacang kedelai. Selama ini, kami pakai pola tradisional dengan menyemprotan,” Ujar Hasan. (RIS) - 05



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan