logoblog

Cari

Pusaka “Sebaya Tanta” Karang Bajo

Pusaka “Sebaya Tanta” Karang Bajo

KM. Sukamulia – Di Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara terdapat sebuah bangunan yang tertelak di Dusun Adat Karang

Rupa-Rupa

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
14 Mei, 2015 10:44:04
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 11194 Kali

KM. Sukamulia – Di Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara terdapat sebuah bangunan yang tertelak di Dusun Adat Karang Bajo. Bangunan ini didirikan pada ahir tahun 2013 dan diresmikan oleh Dra. Sri Hartini, M. Si selaku Direktur Pembinaan Kepercayaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi Provinsi NTB pada tanggal 18 Desember 2014. Bangunan berukuran 7 m x 7 m ini disebut dengan nama Pusaka “Sebaya Tanta”. Kata Pusaka dalam kalimat Pusaka “Sebaya Tanta” merupakan singkatan dari Pusat Keberdayaan Warga. Dengan demikian Pusaka “Sebaya Tanta” merupakan bangunan yang dijadikan sebagai Pusat Keberdayaan Masyarakat Adat Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan.

Pusaka “Sebaya Tanta” dibangun atas Program Revitalisasi Desa Adat yang bersumber dari Direktorat Pembinaan Kepercayaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi. Desa Karang Bajo terpilih sebagai subjek Program Revitalisasai Desa Adat sebab desa ini adalah pusat pelaksanaan tradisi adat masyarakat tradisional Bayan. Keberadaan Pusaka “Sebaya Tanta” ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi masyarakat setepat untuk mengembangkan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat demi kemajuan dan keberdayaan masyarakat Adat Desa Karang Bajo. Itulah sebabnya Pusat Keberdayaan Warga (Pusaka) ini diberi nama Sebaya Tanta yang berarti berbuat bersama-sama. Pusaka “Sebaya Tanta” dikelola oleh Lembaga Pranata Adat Gubuk Karang Bajo yang diketuai oleh Rianom, S. Pd.

Sebagai pusat keberdayaan warga, di Pusaka “Sebaya Tanta” dilaksanakan berbagai program pemberdayaan masyarakat, seperti pelatihan membuat kain tenun Bayan, pelatihan membuat seni kriya dan pembinaan social budaya dan ekonomi masyarakat tradisional Karang Bajo. Selain itu, tempat ini juga dijadikan sebagai perpustakaan budaya Bayan. Di dalam bangunan ini disediakan dua ratusan judul buku yang bertema budaya nasional, budaya lokal, dan berbagai judul yang bertema reigi dan panduan membuat berbagai kerajinan tangan masyarakat nusantara.

 Pusaka “Sebaya Tanta”, juga sering digunakan sebagai pusat pertemuan Lembaga Adat Karang Bajo dalam membahas berbagai tradisi adat dan membicarakan serta memecahkan berbagai permasalahan yang sedang dihadapi dalam lingup kehidupan social budaya masyarakat setempat. Bukan hanya itu, tempat ini juga kerap digunakan sebagai tempat penyelenggaraan seminar budaya dan tempat menginapnya mahasiswa dari berbagai Universitas/Perguruan Tinggi yang melakukan penelitian dan pengkajian budaya Bayan.

Hal ini sesuai dengan apa yang dipaparkan oleh salah seorang pengurus Lembaga Adat Dusun Karang Bajo. Renadi, S. Pd menjelaskan bahwa sejak awal berdirinya Pusaka “Sebaya Tanta”, pengurus Lembaga Pranata Adat Gubuk Karang Bajo telah melaksanakan berbagai program pemberdayaan masyarakat Adat Desa Karang Bajo yang dengan kegiatan-kegiatan itu, masyarakat setempat diharapkan memiliki skill untuk mengembangkan kegiatan ekonomi kreatif, seperti pembuatan kain tenun dan karya-karya lainnya.

Tokoh pemuda yang menjabat sebagai coordinator Bidang Kesenian ini juga menegaskan bahwa di tempat itu sering dilaksanakan seminar dan woekshop budaya oleh pihak-pihak pemerhati budaya Bayan. Tempat ini juga kami gunakan sebagai tempat menampung mahasiswa dan kelompok peneliti dan pengkaji budaya yang melakukan penelitian dan pengkajian budaya Bayan dan bahkan beberapa hari kedepan (mulai hari Jum’at tanggal 15 Mei 2015 hingga hari Minggu tanggal 17 Mei 2015), bangunan ini akan ditempati oleh Mahasiswa Prodi Sejarah STKIP Hamzanwadi Selong yang akan melakukan penelitian mengenai sejarah dan budaya Bayan, pungkasnya saat kami temui di lokasi (Pusaka “Pusaka Sebaya Tanta”).

 

Baca Juga :


Bangunan Pusaka “Sebaya Tanta”, terdiri dari seketariat yang berukuran 7 m x 7 m, toilet dengan ukuran 2 m x 2 m dan rumah jaga yang berukuran 5 m x 6 m. Bangunan ini juga dilengkapi dengan pasilitas kursi pertemuan dan beberapa unit alat tenun dan alat-alat pembuatan kerajinan lainnya. Hal yang unik dari bangunan ini adalah, dinding bagian bawahnya yang terbuat dari Laminasi Limbah Batu Apung dan dinding bagian atasnya terbuat dari pagar bedek. Sedangkan perumahan yang berada pada bagian belakang sekertarian dibuat dengan konstruksi arsitektur tradisional Bayan yang berupa rumah panggung dengan diding yang terbuat dari pagar bedek dan atapnya dibuat dari anyaman rumput ilalang. Keberadaan bangunan ini merupakan salah satu bentuk keperdulian pemerintah terhadap pengadaan sarana dan parasarana pemberdayaan masyarakat adat, khususnya yang ada di wilayah Bayan Kabupaten Lombok Utara.

Kedepannya, Lembaga Pranata Adat Gubuk Karang Bajo merencanakan untuk menyelenggarakan Pendidikan Budaya Lokal di tempat ini dengan tujuan supaya generasi muda setempat memahami seluk beluk dari seluruh tradisi budaya yang diwarisi dari nenek moyang mereka dan demi kelestarian tradisi budaya lokal Bayan dalam rangkan mepertahankan khazanah Budaya nasional. Semoga, keberadaan bangunan Pusaka “Sebaya Tanta” ini, masyarakat Adat Desa Karang Bajo dapat memberdayakan tradisi adat dan budaya serta pembangunan ekonomi kreatif yang dapat mendukung keberlangsungan perekonomian mereka. Dan semoga hajat Pengurus Lembaga Adat Gubuk Karang Bajo yang ingin menyelenggarakan pendidikan budaya lokal di tempat itu dapat terwujudkan. () -01

_By. Asri The Gila_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan