logoblog

Cari

Tutup Iklan

Menunggu berkah musim hujan

Menunggu berkah musim hujan

Hujan yang sudah beberapa minggu mengguyur sebagian besar wialyah Indonesia tidak sedikit membawa bencana, seperti yang terjadi di beberapa wilayah di

Rupa-Rupa

KM. Lingsar
Oleh KM. Lingsar
27 Januari, 2015 10:55:47
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 5386 Kali

Hujan yang sudah beberapa minggu mengguyur sebagian besar wialyah Indonesia tidak sedikit membawa bencana, seperti yang terjadi di beberapa wilayah di Pulau Jawa diantaranya bencana tanah longsor dan banjir yang setiap tahun terjadi belakangan ini akanj tetapi dampak positif dirasakan oleh sebagian besar masyrakat.
Dampak positif paling dirasakan oleh masyrakat di pedesaan diantaranya terairinya sawah-sawah dan kolam-kolam ikan air tawar. Contoh kongkritnya dirasakan oleh warga di Dusun Embung pas yang sebagian besar warganya menggantungkan hidup dari hasil budidaya ikan air tawar, dengan datangnya musim penghujan mereka sangat tertolong karena berdampak kepada peningkatan kualitas dan kuantitas ikan budidayanya.
Selama musim kemarau yang telah berlalu menyebabkan hasil panen turun drastis dan tak sedikit kolam ikan menjadi tidak produltif lagi disebabkan tidak teralirinya kolam yang airnya berasal dari sungai, berkurangnya debit secara signifikan tentu sangat mengurangi dan bahkan terhentinya suplai air terhadap kolam-kolam tersebut dan itu yang dirasakan oleh para pembudi daya selama musim kemarau.
Harapan satu-satunya warga atas kerisis air adalah dengan datangnya musim penghujan dan itu sudah dirasakan sekarang, warga sudah mempersiapkan dari awal sejak mendekati musim hujan tiba, salah satu diantaranya dengan merenovasi atau membersihkan kolam bahkan ada yang menambah kolam dengan cara membuat baru dilahan yang masih tersisa.
Warga yang walaupun sudah terbiasa dengan permasalahan yang timbul dikala musim hujan maupun musim kemarau, kebanyakan dari mereka masih saja merasa cemas karena dikala musim kemarau terkadang penyakit sering menghinggapai kolam-kolam mereka dan ketika musim hujan tiba terkadang air sungai meluap yang menyebabkan kolam mereka terendam bahkan sampai ikan terbawa arus.
“dengan berkurangnya debit air di musim kemarau itu sering membawa penyakit” ungkap Mahidi pembudidaya ikan Dusun Embungpas.
Dengan datangnya musim hujan pembudidaya ikan air tawar di Dusun Embungpas mendapat angin segar dan dapat tersenyum lega karena saat inilah yang mereka tunggu-tunggu, disamping dapat meningkatkan kuantitas atau volume ikan yang akan dibudidaya  juga kualitas seperti kesehatan dan cepat tumbuh dan berkembangnya ikan dapat di lakukan pada musim hujan, sampai pada akhirnya panen pun lebih menguntungkan dikala musim hujan telah berkurang intensitsnya yaitu pada bulan menjelang bulan puasa tahun ini.[] - 05
 

 

Baca Juga :




 
KM. Lingsar

KM. Lingsar

Desa Duman, Lingsar - Lombok Barat http://www.dumannis.blogspot.com ihromil islam, okta hadi, siswadi, anjaswadi No Hp. 081917920272

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan