logoblog

Cari

Maulid Bersama GP Ansor Mataram

Maulid Bersama GP Ansor Mataram

Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Mataram rayakan Maulid Nabi bersama masyarakat di Masjid Ruhama’ul Muslim, 10/01/15. Acara yang

Rupa-Rupa

KM Sahabat Mataram
Oleh KM Sahabat Mataram
13 Januari, 2015 09:21:20
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 9938 Kali

Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Mataram rayakan Maulid Nabi bersama masyarakat di Masjid Ruhama’ul Muslim, 10/01/15. Acara yang bertema “Dengan Perayaan Maulid nabi Muhammad SAW 1436 H Kita Tingkatkan Kualitas Taqwa Dengan Meneladani Akhlak Rasulullah SAW” ini menghadirkan dua “Tuan Guru”, yakni TGJ M. Rasyidi dan TGH Khudori Ibrohim. Selain tamu besar (Tuan Guru) tersebut, ratusan jamaa’ah (mukim) masjid setempat juga dipastikan hadir dalam acara perayaan Mulid Nabi SAW yang diselenggarakan GP Ansor Kota Mataram. Hal ini disampaikan ketua panitia pelaksana perayaan Maulid, sahabat Edi Kurniawan dalam laporannya kemarin 10/01/15.

Sedangkan menurut ketua GP Ansor Kota Mataram, Hasan Basri menyebutkan bahwa tradisi memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW (Maulid) adalah sebuah hal yang sangat penting bagi masyarakat muslim untuk mereka lestarikan, sebab, kata dia Mulid Nabi adalah tradisi yang masih relevan dengan zaman saat ini dan sepatutnya dilestarikan oleh generasi Muslim, wabilkhusus pemuda di dalamnya. Selain itu Hasan juga menyebutkan bahwa melestarikan serta merawat setiap tradisi yang baik, seperti halnya Maulid Nabi Muhammad SAW kali ini, kata dia merupakan salah satu cermin bahwa sesungguhnya mereka (umat Muslim) mencintai Rasulullah.

Sejalan dengan itu semua, maka peran dan posisi GP Ansor selaku Organisasi pemuda yang berada di naungan Ormas Nahdatul Ulama tentunya selalu berupaya mengajak masyarakat untuk melestarikan setiap tradisi atau budaya yang masih relevan dengan zaman sekarang ini, sehingga dengan demikian Gerakan Pemuda (GP) Ansor kota Mataram dalam hal ini juga selalu siap membantu masyarakat secara moril. “Kami dari GP Ansor kota Mataram siap membaur dengan masyarakat, serta membantu secara moril atas perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid-Masjid Kota Mataram,” tambah Hasan dengan penuh semangat.

Acara perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Ruhama’ul Muslim kali ini dirangkaikan juga dengan sejumlah kegiatan lomba. Sebelumnya ada 5 jenis mata lomba yang dikhususkan bagi anak-anak juga sempat digelar, diantaranya lomba Iqra’, lomba cerdas cermat, lomba menghafal ayat-ayat pendek, lomba adzan, lomba busana muslim, dan semua pemenang dari setiap mata lomba diberikan hadiah oleh panitia pada malam itu, 10/01/15. Selain pemberian hadiah bagi pemenang lomba, acara Maulid tersebut juga dibarengi dengan acara “Ngurisan” atau cukuran bagi bayi. Ada 8 bayi dicukur pada malam perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Acara Maulid berlangsung sekitar 3 jam lebih, mulai dari pukul 20.000 s/d 23.30 wita, dan puncak dari acara tersebut adalah penyampaian hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW, dengan langsung disampaikan oleh TGH. Kudori Ibrohim. TGH. Khudori Ibrohim banyak memaparkan sejarah Maulid Nabi Muhammad SAW, dimana pada tanggal 12 rabiul awal, bulan Hijiriyah setidaknya menyimpan 3 peristiwa penting yang harus diketahui oleh umat nabi Muhammad SAW, yakni sejarah lahir, hijrah, dan wafatnya Rasulullah SAW, paparnya.

 

Baca Juga :


Sementara itu, kepala lingkungan setempat, H. Kaspul Karomi mengapresiasi kegiatan Maulid Nabi kali ini, sebab dalam sejarah, katanya “Ini Maulid pertama kerjasama dengan GP Ansor Kota Mataram.” [] - 05

Laporan: Baharudin

Editor: Hartina



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan